Health

Ini Dia Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Anda Tahu

Sebagaimana yang diketahui, bahwa makanan untuk penderita diabetes harus terjaga atau tidak boleh sembarangan. Pasalnya, terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung banyak gula. Dan jika sampai makanan tersebut dikonsumsi para penderita diabetes, maka bisa menimbulkan dampak yang sangat berbahaya.

Pentingnya Konsumsi Makanan untuk Penderita Diabetes

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa terdapat dampak yang sangat beresiko buruk ketika para penderita diabetes konsumsi makanan yang salah. Artinya, penting bagi para penderita diabetes konsumsi makanan yang tepat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pentingnya mengonsumsi makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes bisa menimbulkan beberapa dampak baik sebagai berikut.

1. Mengurangi konsumsi glukosa sebagai penyebab utama sakit diabetes

Hal penting pertama yang membuat para penderita penyakit diabetes harus mengkonsumsi makanan yang tepat adalah supaya bisa mengurangi konsumsi glukosa sebagai penyebab utama sakit diabetes. Dengan begitu, penyakit diabetes yang diderita bisa dikendalikan atau tidak semakin parah.

2. Mengurangi rasa sakit atau kambuh

Alasan lain yang membuat para penderita penyakit diabetes direkomendasikan konsumsi makanan untuk penderita diabetes adalah untuk mengurangi rasa sakit atau kambuh. Dengan begitu, bisa lebih nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari-hari jika rasa sakit atau gejala yang dirasakan bisa dikurangi.

3. Mendukung tindakan penyembuhan penyakit diabetes

Tentu dengan konsumsi makanan yang tepat bisa mendukung tindakan penyembuhan penyakit diabetes. Pasalnya, sebagaimana yang disinggung sebelumnya, hal ini bisa menekan gula darah yang menjadi salah satu pemicu datangnya penyakit diabetes.

Macam-Macam Makanan untuk Penderita Diabetes

Terdapat beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Di antara jenis makanan tersebut bisa langsung Anda cek di bawah ini.

1. Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 DHA serta EPA tergolong baik untuk Kesehatan tubuh. Selain itu, adanya kandungan tersebut dipercaya dapat mengatur dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita diabetes.

2. Sayuran hijau

Jenis makanan selanjutnya yang tergolong baik untuk para penderita diabetes adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kale, dan lainnya mengandung karbohidrat yang rendah, tinggi gizi, vitamin C dan rendah kalori. Selain itu, sayuran hijau juga dipercaya mengandung zeaxanthin yang bisa menjaga kesehatan mata sehingga cocok bagi para penderita diabetes yang biasanya mengalami gangguan penglihatan.

3. Alpukat

Alpukat hadir sebagai salah satu buah yang tidak banyak mengandung gula. Bahkan, buah satu ini dikenal sebagai buah yang tinggi serat, mengandung lemak sehat, dan mengandung karbohidrat. Konsumsi alpukat dengan teratur bisa mengurangi resistensi insulin di dalam tubuh sehingga baik untuk penderita diabetes.

4. Telur

Bahan makanan yang mudah dijumpai satu ini ternyata juga mengandung banyak manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh. Anda bisa konsumsi 6 sampai 12 telur per minggunya untuk dapat menyerap manfaat telur dengan baik.

5. Chia Seed

Jenis makanan berikutnya adalah chia seed. Makanan satu ini juga dikenal dapat menurunkan kadar gula darah hingga mampu menjaga glikemik indeks khususnya bagi para penderita diabetes. 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung banyak vitamin B, mineral, kalsium, magnesium, kalium, hingga kaya serat. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki indeks glikemik sangat rendah sehingga bisa menjaga kadar gula darah dan baik untuk penderita diabetes.

Itulah beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang perlu diperhatikan dan diingat demi kesehatan yang lebih baik. 

Photo by Pixabay silviarita