Health

Inilah Asupan Yang Menyehatkan Selama Puasa

By Erwin |

Saat berpuasa maka asupan protein, karbohidrat, mineral dan vitamin serta lemak yang diperlukan tubuh, tetap harus diperhatikan.  Meski seharian berpuasa asupan yang seimbang tetap bisa dilakukan dengan benar dan tepat. Maka dari itu jangan pernah melewatkan sahur. Meski kamu dalam masa diet dan beranggapan bahwa kamu harus mengurangi makanan, namun tetap saja daftar menu buka puasa untuk 1 bulan tetap harus memenuhi kebutuhan yang diperlukan tubuh semestinya. Maka hal itulah yang justru membuat diet anda berhasil. 

Begitu pula dengan menu berbuka. Sebagian kita karena lapar dan haus seharian, maka saat berbuka lupa bahwa tubuh juga memiliki treatment tersendiri dalam menerima asupan makanan dan minuman saat berbuka, yang tidak boleh langsung dalam jumlah banyak. 

  • Jenis makanan yang baik dikonsumsi

Kita awali dengan menu sahur. Nasi dengan kandungan karbohidratnya sangat baik untuk sahur dalam porsi yang seimbang. Begitu pula dengan beras merah yang dianjurkan untuk menjadi menu sahur anda. Beras merah mengandung karbohidrat yang komplek, yang diolah didalam tubuh akan lebih lama dibanding beras biasa pada umumnya. Perubahan karbohidrat beras merah menjadi glukosa sebagai energi bagi tubuh, akan berlangsung lama. 

Hal inilah yang membuat rasa lapar lama akan muncul lagi jika anda sahur dengan beras merah. Otomatis anda akan merasa kenyang lebih lama. Pelepasan energi yang berlangsung perlahan karena seiring dengan perubahan beras merah menjadi glukosa yang berlangsung lambat menjadikan pencernaan lambat dalam memproses makanan dan berefek pada rasa kenyang yang bertahan lama.

Sebagai tambahan, anda juga dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, oat, brokoli dan ubi manis yang bisa dijadikan asupan pengganti nasi atau beras. Namun perlu diperhatikan bagi anda yang memiliki kandungan gula yang rendah dalam darah, maka konsumsi beras merah harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan tenaga medis. Karena kandungan gula yang minim dari beras merah justru memperburuk kondisi kadar gula didalam darah yang memang dalam jumlah yang rendah. Sehingga anda akan semakin kekurangan kadar gula didalam darah. Hal ini dapat berujung rasa lemas yang sangat. 

  • Jenis protein yang tepat

Jenis protein yang bagus dikonsumsi saat sahur dan berbuka dan dapat menjadi bagian dari daftar menu buka puasa untuk 1 bulan salah satunya adalah daging. Protein juga bisa didapat dari hati ayam, tahu dan tempe, telur serta udang dan ikan. Tentunya pemilihan protein yang tepat juga diperlukan seperti daging ayam tanpa kulit atau daging sapi tanpa lemak.

Selanjutnya adalah asupan buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Hal ini diperlukan agar pencernaan dapat bekerja maksimal karena kandungan serat yang banyak di dalam sayur dan buah. Anda bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan plant stanol yang dicerna lama didalam tubuh sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama. 

Dalam hal pemilihan asupan yang dibutuhkan dari daftar menu buka puasa untuk 1 bulan, maka anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Seperti kecenderungan rasa perih pada lambung jika mengkonsumsi buah tertentu. Maka anda dapat menyesuaikan buah yang aman untuk dikonsumsi sesuai kondisi tubuh. 

Share

Trending Article

Rahasia Kulit Bersih: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi? Serta, Apa Saja Penyebabnya?

Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Tanpa Rasa Gatal dan Sakit

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Emosi Sedang Memuncak

Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan: Penjelasan dan Tips Mudah

Article Category