Health

Inilah Cara Kerja PeduliLindungi, Mudah dan Bermanfaat

Apakah anda pernah mendengar aplikasi PeduliLindungi? Atau bahkan anda pernah menggunakannya secara langsung? PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk scan QR Code sebelum masuk ke tempat umum dan transportasi publik seperti kereta, pesawat, dsb. Melalui PeduliLindungi anda juga bisa mendapatkan sertifikat vaksin anda dengan cara mendownloadnya. Sehingga anda bisa memiliki sertifikat vaksin digital. Bagi anda yang masih bingung cara menggunakan PeduliLindungi, anda tidak perlu khawatir. Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai cara kerja PeduliLindungi yang bisa anda ikuti Langkah-langkahnya.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi memiliki beragam manfaat yang bisa anda rasakan. Apabila terdapat orang yang dinyatakan positif covid-19, maka aplikasi tersebut akan meminta persetujuan supaya bisa mengakses data hasil contract tracing dalam rentang waktu 2 minggu terakhir saat tersimpan server. Kemudian, untuk data user lain yang memiliki Riwayat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi tersebut nantinya akan digunakan sebagai data awal Ketika contract tracing dilakukan. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meminimalkan orang terinfeksi covd-19. 

Cara menggunakan aplikasinya pun sangat mudah yaitu anda hanya perlu masuk atau daftar akun terlebih dahulu. Setelah itu anda harus mengisi semua data diri yang diajukan oleh aplikasi PeduliLindungi. Setelahnya anda bisa melakukan verifikasi email terlebih dahulu. Apabila sudah, anda bisa menggunakan aplikasi tersebut sesuka anda. 

Terdapat banyak fitur di dalamnya. Salah satunya adalah scan qr code dimana dengan melakukan scan tersebut anda akan lebih mudah saat memasuki tempat public seperti mall dan transportasi public seperti kereta. Sehingga anda tidak perlu menunjukkan kartu vaksin anda karena anda hanya perlu scan dari hp anda. 

Fitur lain yaitu vaksin, anda bisa mendaftar vaksin dari aplikasi tersebut atau mendownload kartu vaksin bagi anda yang sudah melakukan vaksin. Apabila anda sudah menerima vaksinasi, tinggal mengetik NIK anda dan search. Nantinya akan muncul informasi apakah anda sudah vaksin atau belum dan dosis yang berapa. Biasanya tampilan layer akan berwarna hijau jika anda sudah vaksin. 

Data Pengguna PeduliLindungi Aman

Bagi anda yang merupakan pengguna aplikasi peduli lindungi, anda tidak perlu takut jika data yang anda berikan nantinya bisa tersebar. Aplikasi PeduliLindungi sudah dilengkapi dengan keamanan yang canggih dan memberikan privasi kepada pengguna sehingga semua data yang anda berikan aka naman. 

Bahkan setelah pandemi covid-19 ini berakhir nantinya, pemerintah akan menghapus seluruh data yang ada di aplikasi PeduliLindungi. Cara kerja PeduliLindungi tersebut menunjukkan bahwa PeduliLindungi sangat menjamin keamanan data penggunanya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara kerja PeduliLindungi yang bisa anda ikuti Langkah-langkahnya dan menjadikannya sebagai bahan wawasan di masa pandemi ini.