Sport

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Dengan Minuman Energi Untuk Olahraga

By Erwin |

Apakah perlu mengonsumsi minuman energi untuk olahraga? Tubuh membutuhkan energi yang cukup selama berolahraga. Tidak hanya saat berolahraga saja, energi juga dibutuhkan ketika beraktivitas. Energi didapatkan dari makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain dari makanan pokok sehari-hari Anda juga bisa mendapatkan asupan energi tambahan dari minuman berenergi. Biasanya konsumsi minuman berenergi ini dilakukan oleh orang yang memerlukan asupan energi instant untuk melakukan aktivitas berintensitas tinggi.

Seperti salah satunya bagi Anda yang ingin latihan dibutuhkan asupan minuman agar tubuh terhidrasi dengan baik. Jika energi yang masuk ke tubuh tercukupi maka Anda akan lebih fokus dalam menjalankan olahraga.

Konsumsi minuman berenergi harus pada waktu yang tepat. Anda juga perlu memperhatikan kandungan dalam minuman tersebut. Sebelum mengonsumsinya cek kembali adakah bahan-bahan yang bisa memberikan reaksi negatif bagi tubuh Anda. Hindari mengonsumsi minuman energi secara berlebihan dan dalam jangka lama karena berdampak kurang baik pada tubuh.

1. Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya menjadi minuman yang baik untuk membantu detoksifikasi tubuh tapi juga baik untuk menghidrasi tubuh. Anda bisa mengonsumsi air kelapa sebelum latihan sehingga tubuh tidak kehilangan elektrolit pada saat tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Karena air kelapa dapat membantu mempertahankan keseimbangan elektrolit.

2. Kafein

Konsumsi kafein sebelum berolahraga bisa membantu meningkatkan kinerja atletik. Namun bagi Anda yang kurang terbiasa atau kurang nyaman mengonsumsi kafein sebelum olahraga lebih baik untuk tidak melakukannya.

Kafein menjadi salah satu stimulan minuman energi untuk olahraga yang membantu meningkatkan performa saat beraktivitas, membantu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan fungsi kognitif. Meski tidak meningkatkan kadar oksigen, tapi dengan mengonsumsi kafein dalam batas yang wajar akan memungkinkan Anda untuk bisa berlatih lebih lama.

3. Jus Buah Bit

Buah bit dikenal memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berkat kandungan yang ada di dalamnya, buah bit sering digunakan dalam pengobatan alami. Manfaat mengonsumsi buah bit ternyata dapat membantu proses detoksifikasi, mengontrol tekanan darah, mencegah anemia dan menjaga kesehatan pencernaan. Buah bit juga kaya akan antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sebelum melakukan latihan Anda bisa mengonsumsi jus buah bit agar bertahan lebih lama saat melakukan latihan. Oksida nitrat hasil dari konsumsi buah yang tinggi nitrat ini memiliki peranan yang penting bagi kesehatan karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga kesehatan jantung jadi lebih terjaga.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga asupan energi yang masuk ke dalam tubuh. Tentunya pilihan minuman energi untuk olahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Selalu imbangi asupan cairan dan makanan yang bergizi agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category