Health

Jangan Salah Makan, ini 5 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil!

By Erwin |

Buah – buahan ialah salah satu bahan makanan ibu hamil yang memiliki banyak nutrisi. Sayangnya, tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena ada beberapa buah yang memang memiliki kandungan berbahaya. Nah untuk itu, yuk kenali beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil  di bawah ini:

1. Buah Persik

Buah persik memiliki sebutan sebagai buah yang panas. Itulah mengapa buah ini merupakan salah satu buah yang harus dihindari oleh ibu hamil , karena dengan mengonsumsi secara berlebihan maka dapat menyebabkan pendarahan internal bahkan keguguran. 

Selain itu, kulit buah persik memiliki folikel kecil, sehingga jika dikonsumsi tanpa dikupas dapat memicu terjadinya radang tenggorokan dan infeksi tenggorokan. Diperbolehkan mengonsumsi buah ini hanya dalam porsi yang sedikit ya!

2. Durian

Buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil selanjutnya yaitu buah durian. Buah ini mengandung  senyawa aktif orgono – sulfur dan tryptophan, lalu terdapat agen antioksidan, antibakteri dan antimikroba. Faktanya, nutrisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. 

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat memicu hal berbahaya seperti preeclampsia dan kondisi lain yang dapat mengancam nyama ibu dan buah hati. Jika ingin mengonsumsi buah ini, tidak boleh lebih dari 250 gram ya!

3. Nanas

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan enzim bromelain, jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat mengganggu keseimbangan protein di dalam tubuh dan dapat memicu terjadinya pendarahan bahkan keguguran. 

Meskipun disebut sebagai buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil, anda tetap bisa mengonsumsinya dengan batas wajar. Disarankan hanya sebanyak 200 gram per hari. Faktanya, buah ini mengandung Vitamin C dan zat besi yang manfaat meningkatkan kekebalan tubuh. 

4. Nangka

Pantangan makanan ibu hamil selanjutnya ialah buah nangka. Nangka mengandung kadar gula yang sedang, namun mengonsumsinya secara berlebihan faktanya dapat memicu lonjakan glukosa di dalam tubuh. Bagi ada yang memiliki factor risiko diabetes, harap menghindari buah ini. 

Selain itu, nangka fermentasi juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung alcohol. Alkohol sendiri dapat menghambat perkembangan otak bayi, yang paling fatal bisa menyebabkan kelahiran premature. 

5. Pepaya Muda

Buah terakhir yang tidak boleh dikonsumsi ialah pepaya muda, karena mengandung enzim papain. Kandungan enzim tersebut dapat menyebabkan sakit perut bahkan kontraksi rahim, yang selanjutnya dapat memicu persalinan dini bahkan keguguran. 

Jika ingin mengonsumsi buah pepaya, pastikan anda memilih pepaya yang sudah matang ya. Buah pepaya sendiri mengandung banyak vitamin yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin, jadi makan buah yang sudah matang sempurna!

Demikianlah beberapa jenis buah yang tdak boleh dimakan ibu hamil. Ingat, konsumsilah buah – buahan, sayuran, dan makanan lain yang tinggi akan gizi agar janin dapat tumbuh dengan baik. Yuk bunda mulai pahami pola makan yang baik!

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category