Health

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh di Konsumsi Asam Lambung

By Erwin |

Penyakit Asam lambung termasuk jenis penyakit yang serius yang harus Anda perhatikan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh makanan yang pedas, selain itu gorengan juga menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit asam lambung. Lalu kira-kira asam lambung tidak boleh makan apa? Simak artikel berikut ini 

Asam lambung tidak boleh makan apa?

Penyakit Asam lambung biasanya itu disebabkan oleh sfingter esofagus yang berada di bagian bawah telah rusak, hal ini mengakibatkan makanan yang Anda konsumsi dapat naik ke kerongkongan yang memicu terjadinya penyakit asam lambung. Selain itu kebiasaan buruk juga menjadi salah satu pemicu terjadinya asam lambung, kebiasaan buruk itu salah satunya yaitu merokok. Kira-kira asam lambung tidak boleh makan apa? Berikut penjelasannya

a. Jenis makanan yang tergolong pedas

Makanan yang memiliki level pedas yang tinggi mampu meningkatkan nafsu makan, akan tetapi jika Anda memiliki penyakit asam lambung lebih baik Anda menghindari makanan ini, karena hal ini dapat mengakibatkan asam lambung yang Anda alami kambuh. Perlu Anda ketahui makanan yang pedas itu memiliki kandungan Capsaicin yang mana kandungan ini tergolong jenis senyawa yang dapat mengakibatkan iritasi, sehingga asam lambung dapat naik.

b. Jenis makanan yang berlemak 

Jika Anda memiliki asam lambung lebih baik Anda menghindari makanan yang berlemak karena hal ini akan mengakibatkan bagian sfingter esofagus yang terletak di bagian bawah menjadi lebih rileks. Hal ini dapat mengakibatkan asam lambung Anda naik. Akan lebih baik Anda tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih.

c. Jenis buah yang asam

Buah memang dapat memberikan asupan vitamin yang baik bagi tubuh, namun ada berbagai jenis buah yang harus Anda pilih dengan selektif dari segi rasa, khususnya jika Anda menderita penyakit asam lambung akan lebih baik Anda menghindari makanan yang memiliki rasa yang asam. Jenis buah yang harus Anda hindari jika memiliki penyakit asam lambung diantaranya nanas, jeruk, jeruk nipis, lemon bahkan tomat. Lebih baik Anda menghindari mengonsumsi buah ini, agar penyakit Anda tidak kambuh lagi.

d. Jenis makanan cokelat

Cokelat memang jenis makanan ringan yang paling digemari oleh khalayak umum karena rasanya yang manis dan khas. Akan tetapi tidak semua orang dapat mengonsumsi makanan ini, khususnya pengidap penyakit asam lambung, jika Anda memiliki penyakit tersebut lebih baik Anda tidak mengonsumsinya terlebih dahulu karena makanan jenis ini memiliki kandungan methlxanthine yang dapat memicu terjadinya asam lambung.

Waktu yang tepat untuk makan bagi penderita penyakit asam lambung

Jika Anda menderita penyakit asam lambung akan lebih baik Anda harus pintar dalam memanajemen waktu dalam makan. Dari mulai sarapan, lebih baik Anda sarapan sebelum jam 9, sedangkan untuk makan berat atau siang Anda dapat makan pada jam 12.00 WIB atau jam 13.00 WIB, dan Anda dapat melakukan makan lagi pada saat malam hari diantara pukul 18.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB. Memanajemen waktu saat makan itu perlu agar tubuh Anda tetap sehat.

Asam lambung tidak boleh makan apa? Asam lambung dapat Anda atasi dengan mudah yaitu dengan syarat Anda jangan mengonsumsi lagi makanan yang pedas serta berlemak, gimana mudah bukan? 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category