Health

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

By Erwin |

Setiap harinya nada pasti membutuhkan makanan untuk tetap bertahan hidup dan menjalankan berbagai aktivitas penting. Tentu ketika Anda tidak makan akan merasa tidak nyaman, lapar, dan kehilangan semangat untuk melakukan berbagai hal. Memang benar! Hal ini tidak bisa disangkal lagi. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk makan banyak perlu melakukan perhitungan kalori setiap harinya agar tidak mengganggu keseimbangan tubuh Anda hingga berujung pembengkakan atau gemuk. 

Untuk itu ketahuilah manfaat melakukan perhitungan kalori kalkulator ini agar Anda bisa mengontrol porsi makan sesuai kebutuhan tubuh anda. penasaran apa saja? Simak detailnya berikut ini: 

1. Tidak Mengambil Porsi Makan Berlebihan 

Dengan melakukan perhitungan kalori dari makanan yang Anda konsumsi, Anda dapat mengatur waktu makan dengan lebih baik, menentukan kapan saat yang tepat untuk menghentikan konsumsi makanan, serta menyesuaikan porsi makan jika Anda ingin mengonsumsi lebih banyak dari biasanya. 

Melalui kebiasaan ini, Anda dapat menghindari terjadinya rasa kenyang yang berlebihan yang dapat mengganggu kenyamanan tubuh. Hal ini sangat penting Anda lakukan agar tubuh Anda proporsional dan ideal. 

2. Terhindar Dari Obesitas 

Dengan menghitung kalori kalkulator, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menghindari risiko obesitas. Selain itu, gaya makan Anda juga menjadi lebih teratur dan terencana. Contohnya, jika sebelumnya Anda mungkin mengonsumsi satu kotak es krim dalam satu hari, sekarang Anda mampu membaginya menjadi beberapa porsi dan mengonsumsinya selama beberapa hari. 

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga asupan kalori Anda dengan lebih terkontrol dan tidak mengalami lonjakan berat badan yang drastis karena Anda telah memperhitungkan asupan kalori dari makanan untuk tubuh Anda.

3. Memperbaiki Gaya Hidup Anda 

Meskipun mungkin terlihat bagi orang lain bahwa Anda menjadi selektif, menuntut, dan terperinci dalam urusan makanan, namun, sebagai individu, Anda memiliki hak dan tanggung jawab untuk memprioritaskan kesehatan Anda dan melindungi masa depan. 

Melakukan perhitungan kalori adalah salah satu langkah penting dalam upaya menjaga kesehatan. Meskipun tidaklah menjadi segalanya, tetapi hal ini membantu kita memahami pola makan kita sendiri yang memiliki dampak besar terhadap kesehatan kita, baik pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

4. Lebih Selektif Memilih Makanan 

Dengan melakukan perhitungan dan memperhatikan informasi kalori kalkulator yang tertera pada kemasan makanan, Anda memiliki kemampuan untuk secara selektif memilih jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Sebagai contoh, jika dihadapkan pada pilihan antara snack A dan snack B, Anda mungkin merasa bingung dalam menentukan pilihan. 

Namun, dengan mempertimbangkan bahwa snack A memiliki jumlah kalori yang lebih rendah daripada snack B, Anda kemudian memutuskan untuk memilih snack A sebagai opsi yang lebih disukai untuk dikonsumsi.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category