Health

Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Mengobat Batuk? Cek Faktanya di Sini!

By Erwin |

Ketika Anda mengalami batuk, tentu akan menjadikan Anda merasa sangat tidak nyaman. Hal itu bisa menjadikan Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Oleh karena itu, saat batuk Anda pasti mencari obat manjur untuk menyembuhkan batuk tersebut sesegera mungkin. Salah satu cara yang banyak direkomendasikan orang-orang adalah dengan mengkonsumsi jeruk nipis dan kecap.

Namun, apakah sebenarnya obat batuk jeruk nipis dan kecap tersebut memang benar-benar manjur untuk mengatasi batuk? Bagaimana penjelasannya dalam sudut pandang medis? Berikut kami berikan penjelasannya.

Inilah Fakta di Balik Penggunaan Jeruk Nipis dan Kecap sebagai Obat Batuk

Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia merupakan bahan alami yang mempunyai kandungan antibakteri. Jadi, jeruk nipis memang mampu mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri. Batuk merupakan kondisi sakit yang diakibatkan oleh adanya bakteri di tenggorokan. Oleh karena itu, kandungan antibakteri pada jeruk nipis memang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan batuk.

Beberapa senyawa antibakteri yang terkandung di dalam jeruk nipis antara lain steroid, saponin, fenolik, tanin, flavonoid, dan glikosida. Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan oleh para ilmuwan, Anda perlu mengkonsumsi 50% campuran air jeruk nipis dari banyaknya larutan jeruk nipis dan kecap yang akan dikonsumsi agar efek antibakterinya bisa benar-benar terasa.

Lalu, apakah kecap mempunyai kandungan senyawa yang juga bisa mengobati batuk? Sebenarnya, kecap tidak mempunyai manfaat apapun untuk meredakan batuk. Kecap hanya digunakan untuk menetralisir atau mengurangi rasa asam dari jeruk nipis saja. Jadi, sebenarnya Anda bisa menggunakan bahan lain untuk mengurangi rasa asam jeruk nipis selain kecap, seperti gula ataupun madu.

Jadi, apakah sebenarnya campuran kecap dan jeruk nipis ampuh untuk mengobati batuk? Jawabannya adalah iya. Namun, batuk yang bisa diobati oleh ramuan tersebut adalah batuk yang diakibatkan karena infeksi bakteri S.pyogenes dan S.aureus. Jadi, selain batuk yang dikarenakan oleh dua jenis bakteri tersebut, campuran kecap dan jeruk nipis belum bisa mengatasi batuk.

Dua bakteri tersebut merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya batuk berdahak. Jadi, ramuan kecap dan jeruk nipis akan membantu untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini akan meluruhkan dahak yang ada di tenggorokan dan saluran pernapasan. Jika Anda mengalami batuk kering atau batuk tidak berdahak, maka ramuan itu tidak bisa mengatasinya.

Bagaimana Cara Membuat Campuran Jeruk Nipis dan Kecap sebagai Obat Batuk?

Setelah memahami fakta di balik obat batuk kecap dan jeruk nipis, Anda juga perlu mengetahui cara mudah untuk membuat obat batuk tersebut.

  • Pertama, siapkan jeruk nipis dan potong menjadi dua bagian.
  • Kemudian, tuangkan kecap manis secukupnya di dalam gelas.
  • Setelah itu, peras air jeruk nipis ke dalam gelas tersebut. Pastikan bahwa tidak ada biji jeruk nipis pada air perasan jeruk nipis tersebut.
  • Selanjutnya, aduklah air perasan jeruk nipis dan kecap di dalam gelas itu. Nah, kini Anda sudah bisa meminumnya sebagai obat batuk.

Bagaimana? Sangat mudah, bukan? Campuran jeruk nipis dan kecap ini bisa menjadi obat batuk alternatif bagi Anda yang mengalami batuk berdahak. Jangan lupa juga untuk beristirahat dan hidup sehat agar batuk Anda segera reda.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category