Health

Atasi Hipertensi dengan 4 Jus Penurun Darah Tinggi

Kebiasaan pola hidup salah dapat menyebabkan penyakit serius tanpa disadari. Pengobatan dari obat kimia dokter terkadang menjadi pilihan satu satunya untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. Padahal alam menyediakan bahan alami seperti buah dan sayur yang efektif untuk menyembuhkan penyakit.

Penyakit yang hampir semua orang berisiko terpapar yakni penyakit darh tinggi. Beberapa orang yang sadar akan manfaat buah dan sayur mereka bisa membuat jus penurun darah tinggi dari kedua bahan tersebut.

Penyakit darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang dapat membahayakan jiwa. Penyakit darah tinggi atau hipertensi jarang diketahui gejalanya sehingga tak jarang disepelekan oleh masyarakat.

Darah tinggi disebabkan oleh sirkulasi darah yang mengalir deras sehingga menyebabkan tekanan pada dinding arteri tubuh yang merupakan pembuluh darah besar utama. Resistensi pembuluh darah dan keintensan jantung bekerja dapat mempengaruhi besarnya tekanan darah.

Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dengan sempitnya arteri darah  maka akan memperbesar laju sirkulasi dalam pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan darah tinggi.

Hipertensi dapat diketahui dengan melakukan pengecekan darah secara rutin. Tekanan darah dapat dibaca melalui satuan milimeter air raksa (mmHg). Ketika melakukan pemeriksaan darah akan muncul 2 angka dari hasil pengukuran tersebut yakni sistol dan sistol.

Seseorang dikatakan memiliki penyakit darah tinggi ketika saat diperiksa 2 kali angka pertama atau sistol melebihi 140 mmHg dan pada diastole menunjukkan angka diatas 90 mmHg.

Ada 2 jenis hipertensi yang perlu diketahui yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer berkembang secara bertahun tahun yang kemudian akan berubah semakin parah. Sedangkan hipertensi sekunder terjadi secara tiba tiba dan lebih berbahaya hipertensi sekunder dan biasanya terjadi disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat memicu hipertensi sekunder yaitu OSA, permasalahan ginjal, tumor kelenjar adrenal, masalah tiroid, obat obatan tertentu, dan obat obatan terlarang.

Selain masalah kesehatan tersebut, seorang Wanita hamil juga dapat berisiko terkena darah tinggi. Orang dengan usia diatas 65 tahun, pengidap obesitas, Riwayat medis keluarga, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko yang lebih tinggi.  Gaya hidup yang tidak sehat dapat memperparah masalah hipertensi tersebut.

Untuk mencegah terjadinya hipertensi Anda dapat memulai pola hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga, berhenti merokok, menghindari konsumsi minuman berkafein, tidur yang cukup, menghindari stress, dan mengkonsumsi sayur dan buah.

Tekanan darh tinggi bisa menyerang segala kalangan tanpa melihat umur dan jenis kelamin. Umumnya seseorang akan berupaya menurunkan darah tinggi melalui resep dari dokter. Namun terdapat solusi lain bila Anda keberatan mengkonsumsi obat obat kimia. Buah dan sayur bisa menjadi pilihan tanpa takut dengan risiko dari bahan kimia.

Kandungan buah dan sayur yang kaya akan serat dan vitamin selain efektif menurunkan darah tinggi, buah dan sayur juga dapat membantu memperbaiki pencernaan.

Anda bisa mengolah sayur dan buah menjadi jus penurun darah tinggi.

1. Belimbing

Belimbing kaya akan vitamin A dan C sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2.  Tomat dan bawang putih

Kandungan kalium dalam bawang putih mampu mengontrol tekanan darah serta juga bisa mengontrol hingga menurunkan kadar kolesterol jahat dan teman baik jantung Anda. Bawang putih dengan perpaduan tomat akan ampuh dalam menurunkan tekanan darah

3.  Mengkudu

Buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif seperti alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol serta vitamin C, A dan karoten. Kandungan zat skopoletin akan berfungsi dalam menurunkan tekanan darah

4.   Apel dan wortel

Kombinasi jus apel dan wortel dikenal ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium, fosfor, dan magnesium dalam apel  dengan kalium yang berguna sebagai pengontrol tekanan darah dan mampu menjaga keseimbangan tubuh. Kombinasi apel dan wortel sangat efektif untuk jus penurun darah tinggi