Health

Kenali Ciri-Ciri Darah Tinggi Sejak Dini

By Admin |

Tingginya tekanan darah dapat berakibat pada memburuknya kondisi kesehatan. Oleh karena itu Anda harus mengenali ciri-ciri darah tinggi sejak dini agar dapat mengatasinya sebelum semakin memburuk. 

Apa itu Darah Tinggi?

Darah tinggi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana aliran darah dari jantung mendorong dinding arteri dengan kekuatan di atas normal. Kekuatan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu karena adanya aktivitas yang dilakukan oleh jantung. 

Hipertensi adalah penyakit yang banyak membunuh manusia secara diam-diam karena tidak ada gejala jangka panjang. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengetahui ciri-ciri hipertensi sejak dini. Penyakit ini memang membunuh secara diam-diam dengan mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa seperti gagal jantung, gagal ginjal, jantung koroner dan stroke. 

Tekanan darah yang normal yakni antara 120/80 mmHg. Ketika angka tersebut meningkat maka Anda wajib mengatasinya dengan pengobatan lebih awal. Tingginya tekanan darah juga dapat mengganggu sirkulasi darah. 

Ciri-Ciri Darah Tinggi

Setiap penyakit memiliki ciri dan gejala yang harus diwaspadai sejak awal. Penanganan cepat dibutuhkan untuk mengurangi risiko terburuk. 

1. Bercak Merah Pada Mata

Apabila Anda melihat bercak merah pada bagian mata, maka sebaiknya periksa langsung ke dokter ahli. Kejadian ini umum terjadi pada pasien dengan tekanan darah tinggi maupun diabetes. Pemeriksaan lebih lanjut dibutuhkan agar pengobatan dilakukan secara tepat. Dokter mata nantinya dapat mengenali kerusakan saraf optik pada mata yang kemungkinan diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. 

2. Wajah Merah

Selain bercak merah pada mata, penderita tekanan darah tinggi juga kerap mengalami gejala kemerahan di bagian wajah. Kemerahan yang ada pada wajah diakibatkan oleh pembesaran pembuluh darah. Ciri-ciri darah tinggi tersebut biasanya terjadi secara mendadak. Stres juga dapat mengakibatkan munculnya kemerahan pada wajah. 

3. Pusing

Apabila Anda mengalami pusing tiba-tiba, maka patut dicurigai karena bisa jadi efek samping dari tingginya tekanan darah. Meskipun tidak semua pusing dapat dikatakan sebagai efek tekanan darah tinggi, tapi sebaiknya tidak diremehkan. Terlebih gejala pusing disertai dengan gejala hipertensi lainnya yang tidak menutup kemungkinan bahwa Anda mengalami tekanan darah tinggi. 

4. Sakit Kepala 

Sakit kepala berbeda dengan pusing yang kerap terjadi sebelumnya. Kondisi ini biasanya kerap dialami oleh penderita hipertensi. Sensasinya seperti nyeri disertai denyut pada bagian kepala. Lain halnya dengan pusing yang umumnya hanya sensasi berputar-putar. Jika Anda mengalami pusing tiba-tiba disertai ciri hipertensi lainnya, maka segera periksakan diri ke dokter agar segera ditangani. 

5. Sesak Napas

Ketika Anda merasa sesak napas disertai ciri hipertensi lainnya, waspadalah dengan segera menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut. Sesak napas dapat terjadi apabila Anda menderita hipertensi sistemik. 

6. Darah dalam Urine

Apabila di dalam urine terdapat bercak darah, maka Anda harus berhati-hati. Ciri hipertensi seperti ini umumnya diakibatkan karena ada kaitannya dengan ginjal. Kondisi urine berdarah disebut dengan hematuria. 

Pencegahan Darah Tinggi

Pencegahan darah tinggi dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Ana bisa memeriksa tekanan darah untuk memastikan kondisinya normal. Namun apabila tekanan darah tidak normal maka akan segera ditangani oleh dokter ahlinya. Selain itu Anda bisa menjaga pola makan sehat dengan melakukan olahraga rutin di pagi dan sore hari. 

Itulah beberapa ciri-ciri darah tinggi yang harus dikenali agar segera ditangani apabila terjadi. Semoga informasinya bermanfaat. 

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category