Health

Ternyata Ini Solusi Cepat Untuk Karies Gigi dan Gigi Berlubang

Apa Itu Karies Gigi Dan Gigi Berlubang?

Karies gigi dan gigi berlubang adalah kondisi yang saling berkaitan. Meskipun sama-sama menimbulkan lubang pada gigi, keduanya merupakan kondisi yang berbeda. Perbedaan antara karies gigi dan gigi berlubang terletak pada kemunculan dan gejalanya.

Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hal ini diawali dengan terkikisnya enamel atau lapisan terluar gigi, kemudian menggerogoti dentin atau lapisan tengah gigi, dan pada akhirnya mencapai sementum alias akar gigi.

Karies gigi umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan makanan manis atau jarang menyikat gigi. Saat Anda mengonsumsi makanan manis, bakteri di mulut akan mengubah kandungan gula dari sisa-sisa makanan menjadi asam.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perbedaan antara karies gigi dan gigi berlubang terletak pada kemunculan dan gejalanya. Karies muncul di awal kondisi gigi berlubang. Artinya, bila karies gigi dibiarkan saja tanpa perawatan, lama kelamaan gigi akan semakin bertambah parah sehingga menjadi penyebab gigi berlubang. Jadi, sama halnya dengan karies gigi yang disebabkan oleh bakteri, penyebab gigi berlubang juga adalah penumpukan bakteri pada mulut akibat makanan atau minuman tertentu.

Kerusakan yang terjadi pada gigi berlubang dapat menjalar ke lapisan di bawah enamel, yaitu lapisan dentin. Jika lubang gigi pada enamel tidak diatasi, maka lubang akan mencapai lapisan dentin. Seseorang yang menderita gigi berlubang akan merasakan keluhan rasa ngilu sesaat, terutama saat mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, panas, maupun asam.

cara mengatasi karies gigi

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mencegah Karies dan Gigi Berlubang?

Setelah mengetahui perbedaan antara karies gigi dan gigi berlubang, Anda tentu sudah memahami bahwa kondisi tersebut tidak bisa diabaikan. Baik karies gigi ataupun gigi berlubang, keduanya perlu segera diatasi.

Pada karies gigi, kerusakan struktur gigi belum terjadi sehingga bila dideteksi secara dini masih dapat dicegah, tanpa perlu tindakan seperti penambalan gigi. Namun, jika gigi sudah berlubang, maka harus dilakukan penambalan sesuai dengan kondisinya. Jika lubang tersebut sudah dalam dan mencapai ruang pulpa yang berisi saraf-saraf dan pembuluh darah, maka harus dilakukan perawatan saraf terlebih dahulu, baru dilakukan tambalan permanen.

Pada karies gigi, kerusakan struktur gigi belum terjadi secara signifikan, sehingga belum perlu dilakukan tindakan seperti penambalan gigi bila dideteksi secara dini. Anda dapat membuat jadwal kunjungan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk memeriksa kondisi gigi dan mencegah berbagai masalah gigi dan mulut. Selain itu, Anda wajib menyikat gigi secara rutin setiap hari untuk mencegah timbulnya karies gigi dan gigi berlubang. Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi minimal dua kali sehari saat pagi dan sebelum tidur malam.

 

Apakah Ada Kandungan Gizi Tertentu Yang Dapat Mencegah Karies Gigi dan Gigi Berlubang?

Kalsium dan magnesium dikenal sebagai mineral yang berhubungan dengan olahan susu. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh dibandingkan mineral lain. Menarik untuk diketahui bahwa total kalsium dalam tubuh orang dewasa berkisar antara 1-1.2 kg. Kalsium adalah elektrolit (dapat keluar melalui keringat) yang penting untuk menjaga otot dan kesehatan tulang dan gigi.

 rekomendasi suplemen untuk gigi berlubang

Asupan Apa Yang Mengandung Kalsium Dan Magnesium?

  • Produk susu: keju dan susu
  • Sayuran hijau (brokoli, bayam, kol, peterseli, selada air)
  • Ikan (terutama yang memiliki tulang yang bisa dikonsumsi, seperti ikan teri atau ikan sarden)
  • Biji-bijian (poppy, wijen, seledri dan biji chia)
  • Kacang-kacangan
  • Lentil
  • Tahu
  • Roti dan produk yang terbuat dari tepung yang difortifikasi
  • Beberapa jenis air mineral
  • Suplemen tambahan seperti Natural Factors - Cal/Mag Formula.

Kenapa Natural Factors - Cal/Mag Formula?

Natural Factors Cal/Mag Formula diformulasikan untuk membantu memeliharan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium sitrat mempunyai keunggulan dalam bentuk yang lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Dengan tambahan Magnesium, Potassium, Zinc, dan Manganese menjadikan Natural Factors Cal/Mag Formula sebagai suplemen yang paling berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua!

 

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-bedanya-gigi-berlubang-karies-dan-karang-gig