Health

Kenali Ciri Ciri Diabetes di Usia Muda

By Admin |

Pada dasarnya ciri ciri diabetes di usia muda, kurang lebih sama dengan ciri diabetes pada saat dewasa. Kenali ciri cirinya, dan lakukan konsultasi sejak awal, guna memudahkan Anda mengontrol kondisi secara tepat, untuk lebih menjaga kesehatan secara lebih baik, ke depannya. Adapun aneka ciri yang dimaksud, antara lain :

1. Sering haus dan buang air kecil

Sering haus dan buang air kecil, akan menjadi ciri pertama yang perlu Anda perhatikan. Ketika kadar gula darah tinggi, tubuh lebih cepat menarik cairan yang ada di dalam jaringan. Hasilnya tubuh akan cepat mengalami dehidrasi. Artinya, seseorang yang mengalami diabetes, akan sering sekali merasa haus, dan juga jadi sering buang air kecil.   

2. Meningkatnya nafsu makan

Ciri kedua ketika seseorang mengalami diabetes, walaupun usianya masih muda adalah nafsu makannya meningkat.

Ketika seseorang menderita diabetes, maka tubuhnya tidak dapat mengolah gula menjadi energi. Hasilnya, tubuh jadi tidak mempunyai cadangan energi, yang pastinya dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Dalam hal ini, sel di dalam tubuh, tidak mendapatkan energi yang cukup untuk memberikan sinyal pada otak, bahwa tubuh kekurangan makanan. Hasilnya, seseorang yang menderita diabetes, sering merasa lapar dibandingkan biasanya.  

3. Berat badan menurun

Walaupun nafsu makannya meningkat, namun seseorang yang terkena diabetes, berat badannya tidak mengalami kenaikan, bahkan cenderung turun. Ini akan menjadi ciri ciri diabetes di usia muda berikutnya yang harus diperhatikan.

Penyebabnya tidak lain, tubuh tidak memperoleh asupan kalori yang cukup. Dalam hal ini, energy yang biasanya menyuplai gula, biasanya berasal dari jaringan otot dan juga dari cadangan lemak. Ketika kondisi tersebut terjadi, maka berat badan akan terus menurun.

Adapun penurunan berat badan tersebut, bisanya terjadi pada gejala diabetes tipe 1, pada anak, ketimbang tipe 2.

4. Sering merasa kelelahan

Ketika kadar gula dalam darah tidak dapat diubah menjadi energi. Maka sel dalam tubuh pun akan kekurangan energi. Hasilnya tubuh seseorang yang menderita diabetes akan mudah sekali kelelahan.

Selain itu, seseorang yang menderita penyakit tersebut, juga sering mengeluhkan sesak nafas, sering mengantuk dan juga mudah lesu. Apabila kondisinya semakin parah, biasanya anak yang mengalami diabetes, akan mudah sekali pingsan.

5. Penglihatan pada mata mulai mengalami perubahan

Terjadinya perubahan pada penglihatan, akan jadi ciri lain yang juga perlu Anda perhatikan. Umumnya, penglihatan yang kabur, dialami oleh seseorang yang mengalami kadar gula dalam darah cukup tinggi, dalam jangka panjang.

Dalam hal ini, aliran darah yang menuju mata akan terhambat. Kadar gua darah yang tinggi juga dapat membuat tubuh, menarik cairan dari lensa mata. Kondisi inilah yang membuat pandangan mata jadi kabur.

Salah satu dari ciri ciri diabetes di usia muda, yang juga penting untuk Anda waspadai, yaitu, ketika terjadi luka, maka proses penyembuhannya terasa lebih lambat. Apabila Anda mempunyai beberapa gejala seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya jika langsung berkonsultasi dengan dokter terkait, guna memperoleh penanganan sejak awal. Guna menghindari terjadinya kerusakan pada jaringan yang lebih parah.

Share

Trending Article

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

5 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Aman dan Efektif

Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering, Bersisik & Sensitif

5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Article Category