Health

Simak! Ini Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

By Natural Farm |

Bagi penderita diabetes, memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi merupakan hal penting yang harus dilakukan agar tidak memperparah penyakitnya. Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes harus memiliki kandar indeks glikemik yang rendah guna mencegah melonjaknya gula darah. 

Selain itu penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung pati dan serat tinggi. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanan berserat tinggi sehingga tidak akan membuat kadar gula meningkat setelah dikonsumsi. 

Kategori Makanan Untuk Penderita Diabetes 

Terdapat kategori makanan yang aman bagi penderita diabetes, diantaranya:

1. Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan oleh penderita diabetes sebagai sumber energi. Namun asupan karbohidrat tidak hanya bisa didapatkan dari nasi putih, mengingat nasi putih memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Sebagai alternatif, penderita diabetes bisa mengonsumsi jagung rebus, ubi jalar panggang, kentang rebus, beras merah, dan beras shirataki

2. Protein

ADA (American Diabetes Assosiation) menganjurkan para penderita diabetes untuk memenuhi asupan protein dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak, daging ayam bagian dada, ikan, makanan laut, telur, keju, serta biji-bijian

3. Buah-buahan

Meski sebagian besar buah-buahan rendah lemak dan natrium, akan tetapi tidak semua jenis buah-buahan aman untuk penderita diabetes. Beberapa jenis buah-buahan terbaik yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah jeruk, pir, pisang, mangga, alpukat, semangka, apel, stroberi, kiwi hingga pepaya. 

4. Sayuran

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yang selanjutnya adalah dari kelompok sayur-sayuran. Sama seperti buah-buahan, penderita diabetes juga tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis sayuran. Agar kandungan vitaminnya terjaga dengan baik, sayuran sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Sayuran hijau yang rendah karbohidrat juga sangat baik bagi penderita diabetes. Jenis sayuran yang bisa dipilih meliputi bayam, brokoli, pakcoi, asparagus, sawi, timun, kacang panjang, kubis dan labu siam.

5. Lemak

Penderita diabetes memang sulit untuk menghindari makanan yang mengandung lemak atau minyak. Padahal makanan yang mengandung lemak bisa memperburuk penyakit diabetes. Solusinya, penderita diabetes bisa mengonsumsi makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan salmon, sarden, makarel dan tuna 

6. Susu

Susu dan produk olahannya juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan tergolong produk susu rendah lemak, misalnya susu skim tanpa lemak, keju cottage rendah lemak, serta krim asam rendah lemak.

Pilihan lainnya ada greek yogurt yang mengandung lebih banyak protein. Olahan susu jenis ini juga bisa membantu mengurangi asupan kalori berlebih serta meningkatkan penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Selain memperhatikan asupan makanan, penderita diabetes juga harus cukup istirahat dan mengelola stres dengan baik sebagai penunjang kesehatan.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category