Health

Ketahui Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah dan Penyebabnya

By Erwin |

Hidung mampet sebelah karena pilek atau sebab kondisi lainnya tentu tidak merasa nyaman dan cukup mengganggu aktivitas harian Anda, maka Anda harus mengetahui cara mengatasi hidung mampet sebelah sebagai penanganan pertama. 

Mengetahui Penyebab Hidung Mampet sebelah

Apakah Anda sering merasakan kondisi hidung mampet sebelah?   Di mana hidung mampet sebelah ternyata memiliki beberapa penyebab yang berkaitan dengan gangguan kesehatan yang perlu Anda ketahui seperti di bawah ini.

1. Infeksi

Penyebab pertama adalah adanya infeksi hidung akibat virus yang masuk ke tubuh melalui hidung dan menyerang tenggorokan biasanya akan menyebabkan peradangan serta mengeluarkan ingus secara tiba-tiba.

2. Rinitis

Kondisi lainnya disebabkan karena adanya rinitis yang diakibatkan lapisan lendir didalam hidung mengalami iritasi. Umumnya rinitis yang banyak muncul yaitu rinitis alergi reaksi alergi terhadap debu. Selain itu, ada juga yang diakibatkan dari rinitis non alergi suhu udara, asam lambung, obat, dan lainnya. 

3. Sinus

Sinus sebagai penyebab hidung mampet, di mana kantong udara sekitar hidung yang menghasilkan lendir ini membengkak dan terisi cairan, sehingga lendir tidak dapat keluar dengan bebas dan hasilnya sulit bernapas lewat hidung karena mampet sebelah, serta hidung terasa panas.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Sangat tidak nyaman ketika Anda mengalami hidung mampet sebelah, selain sulit untuk bernafas dengan baik, Anda juga merasakan sakit dan juga terasa sedikit panas. Di sini ada beberapa cara untuk membantu Anda sembuh dari hidung mampet sebelah.

1. Banyak minum air putih

Dibandingkan dengan meminum obat kimia setiap harinya, sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi jumlah minum air putih sesuai yang sudah disarankan setiap harinya, karena dapat membantu Anda meredakan hidung mampet dan tenggorokan tidak kering atau mengalami dehidrasi.

2. Kompres hidung dengan air hangat

Cara selanjutnya adalah dengan mengompres hidung Anda menggunakan air hangat ternyata memberikan efek yang cukup bagus, di mana hidung akan terasa lebih hangat dan relaks, sehingga dapat mengencerkan lendir yang tidak dapat keluar.

Caranya cukup dengan menempelkan kain kecil diatas hidung mampet yang sudah dicelupkan pada air hangat sebelumnya, peras dan tempelkan. Ulangi beberapa kali hingga hidung sudah lebih lega. 

3. Mandi menggunakan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat mengatasi hidung mampet sebelah, karena uap panas dari air hangat ini akan sedikit membantu Anda mengencerkan lendir di hidung dan bisa melancarkan pernapasan Anda meski sementara waktu.

Itulah beberapa penyebab hidung mampet dan cara mengatasi hidung mampet sebelah, selain cara diatas Anda juga bisa minum obat yang disarankan oleh dokter agar tidak kesulitan bernafas ketika Anda tidur, sehingga bisa lebih nyaman.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category