Health

Konsumsi Vitamin C Sebaiknya Kapan

Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang kapan saja dapat menghantui tubuh serta kesehatan manusia menggunakan berbagai cara yang ada dan tentunya masih tergolong baik. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin seperti misalnya vitamin c dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian dari rutinitas yang dimiliki untuk mendapatkan hasil kesehatan yang juga maksimal pula. Simak penjelasan mengenai jawaban seputar minum vitamin c sebaiknya kapan yang tepat dan efektif untuk dilakukan serta bisa diserap oleh tubuh dengan baik seperti yang akan dijelaskan dengan lebih detail pada artikel yang ada berikut ini.

Dosis Tepat Konsumsi Vitamin C

Sebelum pembahasan mengenai minum vitamin c sebaiknya kapan, penting untuk mengetahui dan memahami seberapa banyak dosis konsumsi yang sebenarnya dianjurkan dan diperlukan bagi tubuh manusia. Dosis vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 75 miligram untuk perempuan dewasa dan 90 miligram untuk pria dewasa melalui berbagai sumber, baik alami maupun suplemen. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui, Harvard Health Publishing merekomendasikan dosis vitamin C harian adalah 120 miligram.

Untuk anak-anak usia 9 hingga 13 tahun, membutuhkan 45 miligram vitamin C per hari, dan remaja usia 14 hingga 18 tahun membutuhkan sebanyak 65 miligram per hari. Untuk perokok, membutuhkan tambahan 35 miligram vitamin C per hari. Namun penting jua untuk dipahami bahwa dosis yang sebelumnya sudah disebutkan tadi tidak berlaku bagi mereka yang memiliki masalah kekurangan vitamin C dalam tubuh, seperti skorbut.

Skorbut atau scurvy adalah penyakit langka yang terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin C. Orang yang menderita skorbut atau kekurangan vitamin C membutuhkan vitamin C dengan dosis berbeda setiap harinya sehingga perlu untuk mendapatkan rekomendasi langsung dari dokter agar konsumsi yang dilakukan terhadap vitamin c aman. Tubuh orang yang menderita skorbut tidak bisa memproduksi vitamin C yang cukup, sehingga membutuhkan asupan dosis vitamin C dari makanan.

Waktu Tepat Minum Vitamin C

Lalu, sebenarnya vitamin c sebaiknya kapan dan tepat untuk dilakukan? Minum vitamin pagi atau malam hari, sebenarnya tergantung pada jenis vitaminnya. Jika jenis yang dikonsumsi adala multivitamin, yaitu satu vitamin yang mengandung banyak jenis vitamin, waktu terbaik untuk meminumnya adalah pagi hari setelah menyelesaikan konsumsi sarapan atau makan siang.

Mengapa sebenarnya multivitamin bagus dikonsumsi di pagi hari? Hal ini dikarenakan vitamin adalah zat sintetis yang paling baik diserap oleh tubuh saat dikonsumsi dengan makanan lainnya. Minum multivitamin di pagi hari memungkinkan zat ini terserap dengan baik ke dalam tubuh manusia bersamaan dengan makanan yang sudah dimakan tadi.

Sementara itu, untuk vitamin yang larut dalam lemak, biasanya harus dikonsumsi dengan beberapa jenis makanan sumber lemak seperti kacang-kacangan agar bisa diserap ke dalam tubuh. Contoh vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini baik dikonsumsi pagi hari karena sesuai dengan tujuan yang ada.

Namun, vitamin yang larut dalam air, contohnya vitamin C dan B, sangat dibutuhkan setiap hari. Kapan waktu yang tepat mengkonsumsinya? Vitamin C dan B, tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan, vitamin ini akan terserap dengan baik ke dalam tubuh baik di pagi hari, siang, atau malam hari.

 

Photo by photosforyou / 4092 images