Lifestyle

Sering Muncul Di Drama Korea, Apa Sih Manfaat Korean Red Ginseng?

Korean red ginseng atau ginseng korea telah digunakan sebagai obat tradisional Cina dari dahulu kala dan dipercaya mampu melancarkan sirkulasi tubuh dan memiliki ciri khas menghangatkan. Manfaat ginseng Korea beragam, mulai dari diabetes sampai mengatasi disfungsi ereksi. Dua jenis ginseng yang umum ditemukan, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng). Meski berbeda, secara umum kedua ginseng ini memiliki kandungan zat aktif yang sama, yakni ginsenosida dan gintonin. Kedua kandungan zat tersebut yang dipercaya menawarkan berbagai manfaat ginseng untuk kesehatan.

Apa Saja Manfaat Korean Ginseng Korea?

Ginseng Korea merupakan obat dari tumbuhan tradisional yang berada di kawasan Asia Timur dan sering ditemukan di pegunungan sekitar Korea, Cina, dan Rusia. Ginseng Korea terdiri dari dua jenis, yaitu yang tidak dikukus dan berwarna putih serta yang dikukus dan berwarna merah. Ginseng Korea yang dikukus dan berwarna merah mengandung kandungan antiradang yang lebih tinggi akibat proses pengukusan. Korean red ginseng memiliki rasa yang sedikit manis dan akan memunculkan rasa pahit setelah dikonsumsi. Ginseng Korea dikenal dapat membantu para pria saat melakukan aktivitas bersama pasangan di ranjang. Namun, manfaat ginseng Korea tidak hanya itu saja, tetapi terdapat berbagai kegunaan ginseng Korea lainnya.

  1. Mengurangi peradangan
    Salah satu manfaat ginseng untuk kesehatan adalah membantu mengurangi peradangan. Hal ini berkat kandungan antiperadangan yang terdapat pada senyawa ginsenosida dalam ginseng. Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Translational Medicine, senyawa tersebut memiliki efek positif dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi peradangan.
  2. Meredakan stress
    Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Hal ini mungkin berkat peran senyawa adaptogen dalam korean red ginseng. Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Akibatnya, ginseng bisa menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Ginseng memiliki kandungan antialergi, antimikroba, dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri. Tanaman herbal ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai jenis penyakit, seperti influenza, virus hepatitis C, respiratory syncytial virus (RSV), dan rotavirus.
  4. Mencegah ejakulasi dini
    Ginseng juga memiliki manfaat dalam hal seksualitas pria, salah satunya dalam mencegah ejakulasi dini. Caranya, dengan membersihkan penis dan mengoleskan krim yang mengandung ginseng pada permukaan penis satu jam sebelum melakukan hubungan seksual guna mencegah ejakulasi dini.
  5. Mencegah penuaan dini
    Ginseng juga memiliki manfaat dalam mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan di dalam ginseng dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat. Selain itu, ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam sel-sel kulit tubuh. Manfaat ginseng ini yang membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembap.
  6. Meningkatkan fungsi kognitif
    Manfaat ginseng lainnya adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau fungsi kognitif. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Cochrane Library mengemukakan manfaat ginseng untuk fungsi kognitif, perilaku, dan kualitas hidup. Selain itu, pada beberapa hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa ginseng memiliki efek positif pada fungsi otak dan perilaku pada penderita Alzheimer.
  7. Menurunkan kadar gula darah
    Ginseng memiliki manfaat yang baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, ginseng berpotensi dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Hal tersebut berkat kandungan ginsenosida yang bekerja dengan memengaruhi produksi insulin dalam pankreas dan meningkatkan resistensi insulin. Kemudian, pada hasil studi lainnya disebutkan bahwa ekstrak dari korean red ginseng dapat membantu memberikan perlindungan antioksidan sehingga mengurangi radikal bebas dalam sel-sel tubuh penderita diabetes.
  8. Melawan sel-sel kanker
    Ginseng juga disebut membantu mengurangi risiko munculnya berbagai jenis penyakit kanker. Ginsenosida yang terkandung di dalam ginseng memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Ginsenosida pada ginseng juga bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mengalami penurunan risiko kanker sebanyak 16 persen. Berbagai jenis penyakit kanker yang dimaksud, antara lain kanker mulut, kanker esofagus, kanker perut, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru. Selain itu, manfaat ginseng untuk kanker lainnya adalah meningkatkan kesehatan pada penderita kanker yang tengah menjalani pengobatan kemoterapi, mengurangi efek samping, dan meningkatkan efek positif dari pengobatan kanker.

Rekomendasi Korean Red Gingseng yang Tepat

Good Base Red Ginseng Pomegranate Stik 300 ml

Mengandung Esterogen Nabati yang merupakan simbol awet muda bagi para perempuan dan Asam Ellagic, dengan perpaduan Buah Delima dan Ginseng Merah Cheong Kan Jang yang berusia 6 tahun yang telah diolah pemerintah korea secara tradisional selama 118 tahun, dibuatlah satu-satunya Korean Red Ginseng Pomegranate Stick. Dengan kemasan stick, lebih mudah dibawa kemana-mana, dapat dikonsumsi kapanpun dimanapun.

Benefit:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melindungi tubuh dari patogen eksternal (seperti virus Flu)
  • Meredakan kelelahan
  • Memperlancar peredaran darah
  • Menekan agrerasi trombosit
  • Menjaga kelembapan/elastis kulit
  • Kemotrapi
  • Mencegah penyakit jantung

Semoga artikel manfaat korean red ginseng ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺


 

Sumber:

https://www.alodokter.com/fakta-di-balik-khasiat-ginseng 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kesehatan-ginseng-korea/