Health

Lebih Banyak Tahu Tentang Diabetes Tipe 2, Gejala dan Penyebabnya

By Admin |

Salah satu jenis diabetes melitus yang sebabkan kadar gula darah yang tinggi adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe ini disebabkan pola hidup tak sehat. Penyakit diabetes melitus tipe 2 ini pun disebut sebagai adult-onset diabetes karena umumnya menyerang orang dewasa dan lansia. Namun, tak menutup kemungkinan akan menyerang orang dengan usia lebih muda karena beberapa faktor risikonya. 

Mari ketahui gejala dan penyebab diabetes melitus tipe 2 pada ulasan di bawah ini.

Apa Itu Diabetes Melitus Tipe 2?

Diabetes melitus tipe 2 merupakan kondisi yang ditandai kadar gula dalam darah yang melebihi dari bataa normal. Pada diabetes melitus tipe 1, tingginya kadar gula di dalam darah disebahkan organ pankreas yang tak bisa memproduksi hormon insulin dengan optimal. Sedangkan, diabetes tipe 2 biasanya terjadi karena sel-sel tubuh tidak lagi peka pada insulin sehingga kesulitan mengubah glukosa jadi energi. Dengan kata lain, pankreas tetap produksi insulin pada orang yang menderita diabetes melitus tipe 2, tapi tubuh tidak sensitif lagi terhadap keberadaan insulin.

Jika gula darah dibiarkan dalam keadaan terus tinggi, penderita diabetes berisiko mengalami komplikasi diabetes yang pengaruhi sistem saraf, mata, ginjal, jantung, pembuluh darah, gusi dan gigi. 

Tanda-Tanda dan Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 kerap tak bergejala. Banyak orang yang tak menyadari jika dirinya terkena penyakit diabetes melitus tipe 2 ini selama bertahun-tahun sekalipun sudah muncul gejalanya.

Berikut ciri-ciri diabetes melitus tipe 2 yang perlu diwaspadai.

  • Terus-menerus buang air kecil.
  • Sering haus dan minum air lebih banyak.
  • Cepat merasa lapar walaupun sudah makan banyak.
  • Berat badan turun tanpa sebab jelas.
  • Luka sulit sembuh dan mudah untuk terkena infeksi.
  • Masalah kulit, seperti kulit kehitaman dan gatal-gatal, terutama pada bagian lipatan ketiak, selangkangan, dan leher.
  • Gangguan penglihatan seperti pandangan yang kabur.
  • Tangan serta kaki yang sering sakit, kebas, dan kesemutan.
  • Disfungsi seksual, salah satunya gangguan ereksi.

Penyebab serta Faktor Risiko Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Menurut studi American Diabetes Association, diabetes melitus (DM) tipe 2 biasanya disebabkan resistensi insulin, yakni kondisi saat sel-sel kebal terhadap hormon insulin. Saat terjadi resistensi insulin, semakin banyak insulin yang dibutuhkan supaya kadar gula di dalam tubuh dapat tetap stabil. 

Untuk mengimbangi kadar gula dalam darah yang melimpah, sel-sel penghasil insulin pada pankreas akan hasilkan insulin lebih banyak. Hal ini memiliki tujuan supaya semakin banyak insulin dihasilkan, semakin banyak juga kadar gula yang diproses jadi energi.

Sayangnya, kemampuan sel beta akan terus menurun karena ‘dipaksa’ terus-menerus untuk menghasilkan insulin. Akibatnya, kadar gula dalam darah yang tinggi semakin tak terkendali sehingga sebabkan diabetes. Biasanya, kondisi resistensi insulin ini dapat terjadi karena sejumlah hal, termasuk obesitas serta faktor genetik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang diabetes tipe 2 yang perlu diketahui terutama gejala dan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category