Sport

8 Makanan Setelah Olahraga yang Dapat Memulihkan Fungsi Otot

By Admin |

Gangguan nyeri otot yang terjadi setelah berolahraga memang umum terjadi. Terlebih lagi, jika Anda jarang berolahraga sehingga ketika sekali berolahraga tentu badan akan terasa sakit dan nyeri. Mulai dari nyeri di bagian tangan, kaki, punggung, paha, hingga otot inti seperti perut. Gangguan nyeri otot ini juga masih kerap terjadi meskipun Anda termasuk orang yang rutin berolahraga. Biasanya gangguan ini akan reda dan pulih dengan sendirinya beberapa hari setelah berolahraga. Namun harus diakui bahwa kondisi ini bisa membuat tubuh tidak nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan setelah olahraga yang dapat memulihkan nyeri otot juga penting diketahui, khususnya bagi anda yang sering berolahraga.

Makanan Setelah Olahraga Untuk Pemulih Fungsi Otot

  1. Telur rebus
    Telur mengandung semua zat gizi yang Anda butuhkan selama pemulihan. Bagian putih telur kaya akan protein yang bermanfaat untuk membentuk otot. Sementara itu, kuning telur merupakan sumber lemak menyehatkan, vitamin, dan mineral. Selain menyediakan energi secara langsung, makan telur juga membantu pembentukan energi dalam tubuh Anda. Ini karena telur mengandung vitamin B kompleks, dan salah satu fungsinya yakni membantu proses pembentukan energi dari makanan.
     
  2. Roti gandum utuh
    Makanan lainnya yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yakni roti. Namun, Anda pun tidak boleh asal memilih roti. Pilihlah roti gandum utuh dengan karbohidrat kompleks yang dapat memulihkan energi dan membuat Anda kenyang lebih lama. Tidak hanya karbohidrat, roti gandum utuh juga mengandung protein, serat, vitamin B kompleks, dan mineral. Semua zat gizi ini membantu meningkatkan energi dan bahkan berpotensi mempercepat proses metabolisme tubuh setelah berolahraga.
     
  3. Buah-buahan
    Makan buah seperti pisang, buah berry, dan apel setelah olahraga bisa menjadi cara mudah untuk mengembalikan energi setelah berolahraga. Pasalnya, buah-buahan kaya akan vitamin, antioksidan, mineral, dan gula alami yang menyediakan energi.
    Menurut penelitian terbaru dalam jurnal Nutrients, kandungan karbohidrat pada buah pisang membantu tubuh dalam menggunakan protein lebih baik. Hasilnya, otot akan pulih lebih cepat, khususnya setelah menjalani olahraga ketahanan otot.
     
  4. Ubi jalar
    Ubi jalar termasuk dalam jajaran makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Seperti halnya nasi, oat, dan kentang, ubi jalar mengandung karbohidrat yang dapat memulihkan stamina dan menyediakan cadangan energi selama beraktivitas. Selain itu, ubi jalar mengandung banyak kalium. Mineral kalium penting dalam fungsi otot dan saraf serta keseimbangan elektrolit. Bagi orang yang aktif berolahraga, asupan kalium sangatlah penting untuk mendukung keberhasilan program.
     
  5. Dada ayam panggang
    Dada ayam mengandung protein berkualitas tinggi yang membantu membangun dan menjaga massa otot. Manfaat ini khususnya akan lebih terasa saat dipadukan dengan latihan ketahanan otot seperti angkat beban, bersepeda, atau push-up dan sit-up.
    Dada ayam juga mengandung vitamin B, vitamin D, zat besi, dan kalsium yang amat penting dalam perkembangan otot. Anda bahkan tak perlu takut bertambah berat badan karena semua zat gizi ini tersimpan dalam potongan daging ayam yang rendah kalori.
     
  6. Greek yogurt
    Apabila Anda mencari makanan yang cukup ringan untuk dikonsumsi setelah olahraga, cobalah Greek yogurt. Beda dengan yogurt pada umumnya, Greek yogurt mengandung lebih sedikit gula dengan manfaat yang lebih banyak.
    Menurut sebuah studi pada 2015, makan Greek yogurt mungkin bisa meningkatkan laju pembakaran kalori. Diimbangi pola makan sehat, konsumsi produk susu ini mungkin saja mendukung keberhasilan program olahraga untuk menurunkan berat badan.
     
  7. Alpukat
    Buah alpukat termasuk makanan yang baik dikonsumsi usai berolahraga karena kaya zat gizi, khususnya lemak. Meski lemak identik dengan kenaikan berat badan, kandungan lemak menyehatkan pada alpukat justru bermanfaat bagi mereka yang aktif. Lemak pada buah ini mungkin tidak menyediakan energi secara langsung, tetapi Anda akan mendapatkan cadangan energi yang cukup. Dengan adanya cadangan energi ini, Anda bisa lekas pulih dan siap menjalani sesi olahraga selanjutnya.
    Makanan yang Anda pilih setelah olahraga dapat membantu proses pemulihan tubuh dan pembentukan otot. Oleh sebab itu, pilihlah makanan kaya karbohidrat, protein, dan lemak menyehatkan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda setelah aktif bergerak. Jangan lupa juga untuk cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum sedikitnya dua liter air setiap hari. Olahraga akan menguras cairan tubuh lewat keringat. Asupan cairan akan menjaga tubuh tetap segar dan melindungi Anda dari dehidrasi.
     
  8. Bubuk Protein
    Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, alias tidak kurang dan tidak lebih, Anda dapat memenuhinya dengan mengonsumsi makanan pembentuk otot dengan bubuk protein.  Berhubungan dengan kebutuhan bubuk protein, banyak orang yang bingung cara memilih produk bubuk protein yang tepat. Oleh karena itu, Natural Farm punya rekomendasi produk bubuk protein yang dapat memulihkan fungsi otot setelah olahraga, yaitu:


Rekomendasi Produk yang Membantu Pemulihan Otot

ON Gold Standard - Plant Protein (1.51 lbs) Chocolate

Gold Standard 100% Plant diformulasikan dengan menggabungkan protein dari Kacang Polong organik, Beras Merah, dan Protein Sacha Inchi yang mengandung asam amino esensial untuk mendukung pemulihan otot. Gold Standard 100% Plant menggunakan bahan organik bersertifikat USDA, bebas gluten, non-GMO, serta tidak mengandung pewarna, perasa, dan pemanis buatan sehingga cocok digunakan oleh vegetarian.

So, sekian dulu nih artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian ya, Natural Buddy! Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm dan Instagram Natural Farm  untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Stay Happy Healthy Habits! ☺

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/gizi-olahraga/kebutuhan-protein-untuk-otot/ 

https://www.celebrityfitness.co.id/id/blog/6-tips-to-hustle-for-that-muscle 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category