Health

Inilah 4 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Tahukah Anda bahwa ternyata daun pandan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Siapa sangka daun yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan entah sebagai pengharum ataupun pewarna makanan juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada tubuh. Lalu apa saja manfaat daun pandan yang berguna untuk kesehatan?

Daun Pandan untuk Kesehatan

Daun pandan memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti mineral, vitamin, dan juga antioksidan, jadi tidak heran kalau daun pandan banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak hanya itu, daun pandan juga bisa digunakan sebagai obat, beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan diantaranya adalah,

Mencegah penyakit jantung

Perlu Anda ketahui bahwa daun pandan merupakan sumber karotenoid, yakni salah satu jenis antioksidan. Karotenoid ini sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya penyempitan arteri jantung atau aterosklerosis sebagai akibat dari penumpukan plak pada pembuluh darah arteri.

Oleh karenanya, menurut beberapa studi mengungkapkan bahwa dengan rajin mengonsumsi air rebusan daun pandan dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

Mengendalikan kadar gula darah

Selain untuk mencegah penyakit jantung, daun pandan juga dapat digunakan untuk mengendalikan gula darah di dalam tubuh, pada beberapa penelitian awal terlihat bahwa seorang yang setiap setelah makan rajin minum teh pandan, memiliki kadar gula darah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminumnya sama sekali.

Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut secara ilmiah terkait manfaat dari daun pandan untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh ini.

Meredakan nyeri sendi

Jika Anda mengalami nyeri sendi dan Arthritis, ada beberapa obat tradisional dengan kandungan daun pandan di dalamnya, daun pandan ini memiliki peran yang cukup penting untuk menghilangkan rasa sakit, terutama pada nyeri sendi dan radang sendi.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, minyak dari ekstrak pandan ternyata juga memiliki kandungan fitokimia yang cukup banyak. Zat fitokimia ini biasanya digunakan untuk meredakan gejala dari radang sendi.

Obat kulit alami

Manfaat daun pandan lainnya yang perlu Anda ketahui adalah sebagai obat kulit alami. Di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara, ada juga yang mengolah daun panda dengan cara dikeringkan kemudian dihancurkan dan diambil sebagai ekstrak.

Ekstrak daun pandan inilah yang banyak digunakan sebagai obat alami pada beberapa masalah kulit, seperti mengobati luka bakar ringan, mengatasi kulit yang terbakar matahari, dan masalah kulit lainnya.

Penggunaan daun pandan sebagai obat alami bagi kulit ini bukannya tanpa sebab, pada penelitian awal yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kandungan asam tanat pada daun pandan dapat digunakan untuk mendinginkan luka bakar dalam waktu yang cepat. Tentunya perlu penelitian lebih lanjut terkait penggunaan daun pandan ini.

Nah, itulah beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, meskipun pada penelitian awal sudah menunjukan hasil yang positif terkait beberapa manfaatnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui manfaat daun pandan ini lebih jauh.