Health

Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Ini Tips-tipsnya Supaya Tetap Lancar

Di saat berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman yang cukup selama lebih dari 12 jam. Kondisi ini yang membuat tubuh menjadi drop serta rentan terserang penyakit. Salah satu masalah yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang ketika berpuasa adalah sakit tenggorokan. Biasanya masalah tenggorokan ini ditandai dengan beberapa gejala, di antaranya peningkatan suhu tubuh, kadang merasa pegal-pegal, munculnya rasa gatal di tenggorokan, kesulitan untuk menelan makanan atau minuman, batul-batuk, sakit kepala, bahkan hingga pembesaran kelenjar pada leher.

Sementara untuk faktor penyebabnya pun bisa bermacam-macam, namun beberapa ahli medis menyatakan risiko terbesar orang mengalami sakit tenggorokan biasanya disebabkan karena asupan cairan yang terhenti selama berjam-jam. Selain itu, berpuasa juga bisa berpotensi membuat sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga akan lebih mudah terinveksi serangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah pada tenggorokan. Namun selain dua faktor ini, kamu perlu mewaspadai penyebab lainnya, di antaranya:

  • Alergi debu atau serbuk bunga
  • Gangguan asam lambung
  • Rangsangan pada tenggorokan yang biasanya disebabkan karena makanan saat berbuka atau sahur terlalu pedas atau panas, atau terlalu dingin.
  • Perubahan pola makan yang terjadi ketika berpuasa
  • Pola istirahat yang tidak teratur

cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa

Ketika menjalani puasa dengan kondisi sakit tenggorokan, pastinya membuat aktivitas menjadi lebih terganggu serta tidak nyaman. Dengan situasi seperti ini mungkin kebanyakan orang juga memilih untuk tidak berpuasa terlebih dahulu. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk membuat puasa lebih lancar walaupun sedang sakit tenggorokan? Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini. Let’s check it out!

1. Bernapas melalui hidung, jangan mulut

Selama berpuasa coba untuk bernapas menggunakan hidung saja, jangan lewat mulut. Alasannya, karena ketika kamu sedang mengalami sakit tenggorokan, bernapas lewat mulut bisa membuat tenggorokan kering dan terasa sakit. Anggap saja proses bernapas ini seperti kamu sedang pilek, secara tidak sadar kamu akan bernapas lewat mulut ketika hidung tersumbat. 

2. Tetap menggunakan masker dan minimalisir bicara

Selama pandemi ini sepertinya semua orang sudah mulai menggunakan masker di kehidupan sehari-hari. Jadi ketika sakit tenggorokan, usahakan tetap menggunakan masker agar bisa terhindar dari udara, debu, kotoran, bakteri atau partikel asing yang bisa mengancam kesehatan mulut dan membuat kondisi tenggorokan semakin memburuk. Kemudian dengan kamu meminimalisir berbicara, itu efeknya akan sama dengan bernapas lewat mulut agar tenggorokan tidak cepat kering.

3. Hindari ruangan dengan suhu kering

Ruangan dengan suhu yang kering akan berpengaruh terhadap produksi air liur dan lendir yang terdapat di tenggorokan. Kondisi ini tentunya berpotensi membuat sakit tenggorokan semakin parah. Untuk meminimalisirnya selain menghindari ruangan yang kering, kamu bisa menggunakan pelembab udara atau air humidifier. Lalu apabila kamu sedang berada di ruangan dengan pendingin atau air conditioner (AC), aturlah ruangan tersebut dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan anginnya jangan sampai menghembus langsung ke tubuh.

4. Berbuka dan sahur dengan makanan yang mudah ditelan

Tujuan memilih makanan yang lembut atau yang lebih mudah dikunyah adalah untuk membuat iritasi yang terjadi di tenggorokan tidak bertambah parah. Untuk rekomendasinya, coba pilih makanan seperti bubur, sup ayam, atau makanan rebus. Cobalah untuk menghindari makan-makanan yang digoreng atau bersantan yang berpotensi membuat tenggorokan sakit..

5. Memperbaiki istirahat

Di bulan puasa bukan hanya pola makan yang berubah, melainkan pola istirahat juga bisa berubah. Untuk istirahat sendiri, biasanya durasi tidur kita bisa berkurang karena kita paginya harus menyantap sahur. Padahal, seorang ahli penyakit dalam dari Boston, Amerika Serikat, dr. Jeffrey Linder pernah mengatakan bahwa agar tubuh bisa bekerja melawan infeksi, intinya harus cukup istirahat. Oleh karena itu, di sini kamu penting memanajemen waktu tidur untuk memaksimalkan tubuh agar bisa melawan infeksi sakit tenggorokan.  Pastikan kamu tidur selama 7-9 hari setiap harinya.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Itu dia beberapa tips yang bisa diikuti supaya puasa kamu lancar walaupun sedang mengalami sakit tenggorokan. Lalu bagaimana ya untuk cara mengobati sakit tenggorokan ini sendiri? Nah di sini juga akan bagikan sedikit tips-tipsnya lho. Simak cara-caranya di bawah ini ya.

  • Berkumur dengan air garam
    Cara ini dapat dipercaya bisa membantu menenangkan tenggorokan yang gatal karena garam dapat mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang, kemudian bisa juga membantu untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Caranya cukup campurkan 2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa detik.
  • Minum cukup air putih saat sahur dan berbuka
    Beberapa penelitian menyebutkan jika seseorang terkena sakit tenggorokan ketika puasa, direkomendasikan memenuhi asupan cairan pada tubuhnya setidaknya sebanyak 30 ml/kg berat badan. Ini semua untuk menghindari risiko dehidrasi yang mana bisa membuat tenggorokan menjadi kering.
  • Mandi air hangat
    Cobalah untuk menghirup uap dari mandi air hangat agar membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan sakit tenggorokan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ketika kamu sakit tenggorokan, maka butuh kelembapan udara agar menjaga tenggorokan tidak kering.
  • Konsumsi teh hangat dengan madu
    Kamu bisa meracik minuman dengan mencampurkan teh hangat dan madu untuk mengobati radang tenggorokan. Madu dikenal memiliki manfaat untuk mengobati radang tenggorokan berkat sifat antibakterinya yang bisa bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, sekaligus mengurangi peradangan. Untuk pilihan madu terbaiknya, kamu bisa memilih madu Manuka Farm karena di dalamnya sudah mengandung sifat antibakteri tinggi yang tentunya bisa dengan mudah meredakan sakit tenggorokan. Caranya juga mudah, cukup campurkan madu Manuka Farm MGS 5+ dengan segelas air hangat atau teh hangat dan aduk rata. Minumlah beberapa kali sesuai kebutuhan hingga tenggorokan kamu membaik.

Nah itu dia Natural Buddy sedikit tips-tips yang bisa diikuti untuk kamu yang ingin tetap menjalankan puasa walaupun sedang berpuasa. Jangan lupa ikuti tips-tipsnya dan rutin konsumsi madu Manuka Farm untuk menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

 

Sumber: https://hellosehat.com/tht/tenggorokan/puasa-saat-radang-tenggorokan/