Lifestyle

Ini Loh Manfaat Facial Wash Selain Untuk Membersihkan Wajah

Apa Itu Facial Wash?

Facial wash adalah sabun pembersih wajah dan diformulakan khusus untuk area wajah agar lebih bersih. Biasanya penggunaan facial wash ini sebelum tidur, setelah memakai make up, setelah bepergian dan sebagainya. Area wajah memang paling sensitif dan harus dilakukan perawatan secara baik dan benar. Maka menjadi penting menggunakan facial sebagai pembersih wajah yang digunakan secara rutin.

Kegunaan facial wash juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit, karena masing-masing jenis kulit harus dilakukan perawatan yang berbeda. Formula facial wash untuk wajah berjerawat dan normal tentu akan sangat berbeda. Ada pula yang diformulasikan untuk kulit berminyak serta kulit sensitif.

Bagian penting dari merawat wajah yang bisa dilakukan dirumah bahkan bisa dibawa kemana saja yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash. Kotoran yang ada pada kulit wajah, pori-pori bisa terbuka, serta mampu menghilangkan noda merupakan cara kerja dari facial wash itu sendiri. Dengan memahami pengertian dari facial wash, maka inilah manfaat dari penggunaan pembersih wajah.

 

Apa Saja Manfaat Menggunakan Facial Wash?

1. Mencegah infeksi mata

Setelah seharian beraktivitas, mata kamu sudah terkena debu dan kotoran. Jika nggak dibersihkan, mata kamu berisiko mengalami infeksi seperti bengkak karena debu yang menempel.

2. Meregenerasi kulit

Melansir dari The Body Shop, saat tidur kulit kita akan melakukan regenerasi. Sel-sel kulit yang baru dan lebih sehat akan menggantikan sel-sel kulit mati. Nah, jika wajah kamu dalam keadaan kotor, proses regenerasi kulit bakal terhambat sehingga wajah akan terlihat nggak segar. Regenerasi kulit akan menyebabkan kulit menjadi lebih bersih, sehat, kenyal, dan lembut serta terhindar dari kerutan dan garis penuaan.

3. Mengurangi risiko jerawat

Mencuci muka saat malam hari dapat mengurangi risiko munculnya jerawat. Debu dan kotoran yang masih menempel bisa menyumbat pori-pori dan memunculkan banyak bakteri jika kamu nggak cuci muka sebelum tidur. Hal itu bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Selain itu, komedo juga akan berpotensi muncul pada kulit wajah jika kamu nggak mencuci muka sebelum tidur.

4. Membersihkan pori-pori kulit

Dengan cuci muka pakai face wash, pori-pori kulit menjadi bersih. Agar lebih optimal, kamu bisa melakukan teknik double cleansing. Caranya yaitu kamu terlebih dahulu menggunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan make-up dan kotoran yang seharian menumpuk di wajah. Setelah itu, kamu bisa mencuci wajah menggunakan face wash.

5. Penggunaan skincare lebih optimal

Seperti yang udah disebutkan di atas, biar skincare routine bisa bekerja lebih baik, wajah harus dalam keadaan bersih. Karenanya, kamu harus mencuci muka terlebih dahulu dan setelahnya dapat menggunakan rangkaian skincare lainnya. Selain itu, mencuci muka juga dapat membuat kulit menerima nutrisi yang optimal dari skincare yang kamu gunakan.

cara menggunakan facial wash

Bagaimana Cara Menggunakan Facial Wash Dengan Benar?

1. Pastikan tangan kamu bersih

Cara pakai facial wash yang pertama, cuci tangan kamu hingga bersih terlebih dahulu. Sebelum membersihkan wajah, tentunya kamu harus memastikan apakah tangan sudah benar-benar dalam kondisi bersih atau belum. Bakteri yang menempel di tangan bisa saja melompat dan berpindah ke kulit wajah. Untuk mencegah hal itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

2. Basuh wajah dengan air hangat

Demi memberikan efek yang terbaik, gunakan air hangat suam kuku untuk membasuh wajah kamu saat memakai facial wash. Jangan terlalu panas, tetapi juga jangan terlalu dingin. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan pelembap atau krim perawatan kamu sehingga membantu penyerapan sempurna.

3. Urutkan pemakaian produk dengan benar

Pastikan urutan produk yang kamu gunakan sebagai skin care routine sudah benar. Urutan yang tepat untuk membersihkan wajah adalah diawali dengan cleanser terlebih dahulu. Cleanser akan membersihkan dengan formula oil atau balm untuk mengangkat kotoran dan sisa make-up, yang kemudian residunya diangkat oleh micellar water, lalu terakhir dibersihkan kembali dengan facial wash. Dengan begitu, kondisi kulit kamu pun akan bersih sempurna.

4. Hindari facial wash mengandung scrub

Hindari terlalu sering menggunakan sabun muka yang mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation. Merawat kulit memang harus maksimal, tetapi juga tidak boleh berlebihan. Apabila kamu sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit kamu akan teriritasi dan berakhir dengan rusaknya jaringan sel kulit. Alhasil, bukan keindahan kulit yang kamu dapat, melainkan problem kulit yang semakin parah.

5. Lakukan 2 kali sehari

Cara pakai facial wash yang terakhir, cukup lakukan 2 kali sehari saja. Jangan lebih dari itu. Hal ini bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Gunakan facial wash di pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit, berikut juga dengan sisa sel-sel kulit mati, dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa makeup dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

rekomendasi facial wash

Rekomendasi Facial Wash Yang Tepat

Eucalie - Skin Gentle Facial Wash

Eucalie Skin Gentle Facial Wash (Sulfate - Free) dengan pH-balanced dan diformulasikan dengan bahan-bahan organik premium dari Baobab Peptides. Produk ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Memperbaiki tekstur kulit dan mencegah keriput/penuaan dini (anti-aging)
  • Menghaluskan kulit dan mengurangi iritasif
  • Meningkatkan kelembaban dan kelembutan kulit
  • Membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami kulit
  • Aman digunakan untuk semua jenis kulit, kulit sensitif, ibu hamil dan menyusui, bayi dan anak - anak
  • Halal
  • Teregistrasi BPOM

 

Sumber:

https://retizen.republika.co.id/posts/35387/manfaat-mencuci-wajah-secara-rutin-menggunakan-facial-wash-atau-facial-foam