Health

Mengenal Fungsi Toner Dan Cara Memilihnya Sesuai Jenis Kulit

Apa Itu Toner?

Toner merupakan produk perawatan kulit yang bahan utamanya air. Biasanya toner digunakan untuk menghapus sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih yang masih menempel pada kulit setelah Anda mencuci muka. Toner umumnya juga mengandung berbagai bahan aktif dengan kegunaan tersendiri. Beberapa di antaranya yakni gliserin untuk menjaga kulit tetap lembap, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, serta niacinamide untuk kulit agar cerah. Berdasarkan kandungan dan fungsi, jenis toner dibagi dua yaitu hydrating toner (toner pelembap) dan exfoliating toner (toner eksfoliasi). 

 

Apa Saja Manfaat Toner Untuk Wajah?

  1. Buang sisa kotoran
    Toner membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan riasan yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih wajah.
  2. Melembabkan kulit
    Kandungan tertentu dari sabun pembersih wajah bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk mengembalikan kelembapan kulit, oleskan toner secara merata setelah mencuci muka . Fungsi toner untuk melembabkan kulit bisa didapatkan dari toner yang mengandung asam amino, minyak mineral, atau asam hialuronat. Fungsi toner ini penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit wajah, terutama kulit wajah yang kering.
  3. Mengatasi jerawat
    Toner juga bisa mengobati jerawat jika penggunaannya dikombinasikan dengan produk untuk mengobati jerawat. Kondisi jerawat relatif ringan dan dapat diredakan dengan menggunakan toner. Toner dengan kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori dan mencegah munculnya jerawat dan komedo.
  4. Menghilangkan bekas jerawat
    Toner yang mengandung asam glikolat dapat memudarkan flek hitam muda akibat bekas jerawat. Namun, untuk bekas jerawat yang parah atau bahkan berlubang, penggunaan produk perawatan kulit saja tentu tidak cukup. Untuk memudarkan bekas jerawat yang tergolong parah, memerlukan perawatan khusus dari dokter kulit.
  5. Menghilangkan minyak pada kulit
    Jenis toner yang bersifat astringent dapat mengurangi minyak atau sebum pada permukaan kulit wajah. Toner jenis ini juga bisa mengurangi kilap, membuat riasan wajah lebih tahan lama.
  6. Menyeimbangkan pH kulit
    Tingkat keasaman atau pH kulit bisa berubah karena pengaruh produksi minyak, polusi, makeup, atau produk kecantikan yang mengandung alkohol. Nah, jenis toner tertentu bisa menyeimbangkan tingkat keasaman kulit pada pH 5-5,5, sesuai dengan pH alami kulit.

cara memilih toner

Bagaimana Cara Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit?

  • Untuk kulit kering

Supaya kulitmu tidak jadi semakin kering, hindarilah toner wajah yang memiliki kandungan alkohol, sebab zat ini hanya akan membuat kulitmu semakin kehilangan kelembapan alaminya dan kesannya menjadi lebih kesat. Gunakanlah toner wajah berbahan losion yang akan membuat kulitmu menjadi lembap, terhidrasi dengan baik, dan menjadikan kulit semakin lembut. Kamu juga bisa pilih toner dengan kandungan geranium dan bunga mawar.

  • Untuk kulit berminyak

Karena terdapat banyak minyak di permukaan kulit, para ahli kecantikan menyarankan mereka yang memiliki kulit berminyak untuk menggunakan toner yang mengandung bahan aktif mengontrol minyak. Kamu dapat memilih toner yang memiliki kandungan orange blossom, lemon, dan rose. Zat tersebut akan membuat kulit terasa lebih segar dan memperkecil pori-pori.

  • Untuk kulit kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan kandungan minyak yang berlebih pada T-zone area (dahi, hidung, dan sekitar pipi), sementara di luar daerah itu, kulitmu akan cenderung kering. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menggunakan toner yang berbeda. Pilih toner untuk kulit berminyak untuk diaplikasikan pada T-zone, sementara untuk area lainnya kamu dapat menggunakan toner berbahan losion.

rekomendasi toner yang bagus

Apakah Ada Rekomendasi Toner Yang Tepat?

Thayers Rose Petal Facial Toner

Thayers Rose Petal Facial Toner yang lembut ini berasal dari formula lama, dikembangkan oleh Thayers untuk membersihkan, mengencangkan, melembabkan, dan menyeimbangkan tingkat pH kulit. Selain mengandung air mawar pembersih pori dan aloe vera organik bersertifikat, campuran eksklusif yang unik ini juga mengandung witch hazel organik bersertifikat, non-suling yang ditanam secara eksklusif. Dengan menghindari penyulingan witch hazel kami, kami dapat mempertahankan tanin bermanfaat yang terjadi secara alami, yang dikenal menawarkan manfaat antioksidan dan antibakteri, dan menghasilkan cahaya alami. 


 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-fungsi-toner-wajah-yang-jadi-rahasia-kecantikan-artis-korea