Sport

Ini 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika olahraga menjadi salah satu aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh. Berbagai manfaat pun bisa dirasakan, mulai dari menurunkan berat badan, mencegah berbagai penyakit, menambah kekuatan otot, dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun perlu menjadi catatan berbagai manfaat dari olahraga akan lebih maksimal ketika dijalankan dengan konsisten. Kabar baiknya, semenjak pandemi terjadi di Indonesia, banyak masyarakat yang mulai sadar pentingnya olahraga. Mengingat untuk menghindari paparan virus, hal utama yang harus dilakukan adalah terus meningkatkan imunitas tubuh, dan olahraga bisa menjadi salah satu caranya.

Tapi perlu diketahui jika olahraga sebenarnya bukan hanya memberikan manfaat terhadap kebugaran dan kesehatan fisik saja. Lebih dari itu, olahraga bisa juga memberikan dampak positif pada kesehatan mental. Beberapa studi juga mengungkapkan jika olahraga secara teratur dengan intensitas ringan sampai sedang, bisa bermanfaat mengurangi gejala-gejala yang berkaitan dengan kesehatan mental. Lalu apa saja ya manfaat yang dimaksud? Berikut ada sedikit ulasan mengenai olahraga yang bisa bermanfaat untuk kesehatan mental.

  1. Memperbaiki suasana hati atau mood
    Seperti yang kita tahu jika seseorang bisa saja mengalami perubahan mood atau suasana hati setiap harinya. Terkadang yang awalnya bahagia atau baik-baik, tiba-tiba bisa cepat berubah dengan sendiri karena alasan tertentu. Masalahnya, untuk mengubah mood kembali menjadi baik itu bukanlah perkara mudah. Tapi apakah kamu tahu jika olahraga ini bisa meningkatkan mood lho. Beberapa penelitian menyebutkan orang yang berolahraga bisa merasa lebih tenang, senang, dan puas setelah berolahraga. Kondisi ini yang dipercaya bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik lagi.
     
  2. Mengatasi gejala kecemasan
    Olahraga yang dilakukan secara teratur dipercaya dapat mengobati kepanikan atau mengurangi gejala kecemasan. Mengenai kebenaran manfaat olahraga satu ini juga sudah diteliti oleh beberapa studi penelitian. Studi yang dilakukan secara meta-analisis dari 12 studi ini menjelaskan ketika kita sedang cemas ada adrenalin dan kortisol yang membuat otot kita menegang. Kemudian olahraga ini bisa membuat otot-otot tersebut lebih rileks sehingga rasa tegangnya menurun. Selain itu, olahraga juga bisa bermanfaat untuk mengalihkan perhatian dari hal-hal yang memicu kecemasan.
     
  3. Meningkatkan rasa percaya diri
    Rasa percaya diri merupakan salah satu aspek yang membuat mental kita bisa meningkat. Alasannya, ketika kita bisa percaya diri, kehidupan sehari-hari akan terasa menyenangkan untuk dijalani. Secara tidak langsung akan berdampak pada kehidupan yang lebih baik serta membawa kebahagiaan. Dengan begini kesehatan mental pun akan tetap terjaga dengan baik.

    Lalu apa pengaruh olahraga dalam meningkatkan percaya diri?
    Ketika olahraga dilakukan secara teratur, maka dampak yang didapat adalah bisa membuat berat badan lebih stabil dan mengencangkan otot tubuh untuk membuat tampilan lebih menarik. Dengan penampilan yang lebih menarik, maka kepercayaan diri pun meningkat.
     
  4. Meningkatkan kinerja otak
    Ada beberapa penelitian menyebutkan jika olahraga bisa meningkatkan zat brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Zat kimia pada otak yang berfungsi merangsang pembentukan sel otak baru. Untuk meningkatkan zat BDNF ini, kamu tidak membutuhkan olahraga spesial. Jadi apapun bentuk olahraganya, fungsinya tetap dapat meningkatkan zat kimia tersebut. Dengan begini, kesehatan mental pun tetap terjaga karena pada dasarnya otak juga memiliki pengaruh yang signifikan.
     
  5. Mengurangi stres
    Ada beberapa penelitian yang dilakukan terhadap 49 orang sedang mengalami stres untuk melakukan olahraga selama 8 minggu berturut-turut. Hasilnya tes psikologi yang dilakukan setelah mereka berolahraga, mereka semua mengalami penurunan tingkat stres dan bahkan ada yang stresnya hilang. Ini terjadi karena olahraga dapat menurunkan hormon kortisol dan epinefrin serta meningkatkan norepinefrin sebagai antidepresan yang berfungsi sebagai antidepresan. Ketika kamu berhasil mengelola stres dengan baik, maka kesehatan mental pun terjaga.

amino energy

Ini dia beberapa manfaat olahraga yang bisa menunjang kesehatan mental. Jadi jangan lupa meluangkan waktunya untuk berolahraga demi mencapai kesehatan fisik dan mental secara maksimal. Umumnya setiap orang dewasa direkomendasikan untuk olahraga dalam durasi 30 sampai 60 menit setiap harinya. Melihat kondisi seperti ini, pastinya kamu juga membutuhkan energi lebih bukan? Apalagi kalau keseharian kamu masih harus melakukan banyak aktivitas. Untuk memaksimalkan energi kamu selama berolahraga, kamu bisa konsumsi ON Amino Energy Grape sebelum olahraga. ON Amino Energy Grape ON dirancang untuk memberi tambahan energi dan konsentrasi sehingga dapat meningkatkan intensitas latihan dan olahraga. Buat olahragamu lebih berenergi dan terus konsisten untuk kebaikan kesehatan kini dan nanti.

 

Sumber:

Klikdokter 

Hellosehat