Health

Mengenal Beberapa Penyebab Sakit Gigi yang Harus Anda Antisipasi

Apa saja penyebab sakit gigi yang perlu diketahui informasinya? Anda sekalian harus mengetahui penyebabnya agar bisa merawat serta mengobatinya dengan tepat sendiri dulu. Tentu saja pengobatannya disesuaikan dengan penyebab sakitnya tersebut.

Namun jika ternyata belum sembuh juga, sangat direkomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter, baik dokter umum atau dokter spesialis gigi. Dengan begitu, gigi Anda yang sakit bisa mendapatkan penanganan sebaik-baiknya dan benar.

Jadi, jangan meremehkan sakit gigi yang ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia secara umum. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mendapatkan informasi yang benar terutama pada penyebab sakit gigi.

Mengenal Gejala Sakit Gigi 

Sebelum mengetahui penyebab sakit gigi, Anda perlu mengenal gejalanya yang dapat dirasakan. Biasanya, sakit gigi ditandai dengan rasa sakit dari intensitas rendah hingga tinggi pada bagian gusi. Jadi, bukan giginya yang merasakan sakit, tetapi pada gusinya.

Hal itu dikarenakan syaraf gigi terhubung pada gusi dan bagian rahang mulut secara keseluruhan. Adapun gigi merupakan bagian yang keras seperti batu, sehingga tidak akan merasakan sakitnya.

Beberapa gejala sakit gigi diantaranya rasa sakit yang tajam pada gusi disertai linu yang begitu terasa. Rasa sakitnya akan semakin bertambah ketika Anda mengunyah makanan. Oleh karenanya, orang yang sedang sakit gigi enggan untuk makan karena harus mengunyah yang menyebabkan rasa sakitnya bertambah.

Rasa sakit tersebut biasanya disertai pembengkakan dan pendarahan pada area gusi yang sakit. Pembengkakan tersebut dikarenakan peradangan pada bagian gusi yang sedang sakit. Bahkan, beberapa orang yang sakit gigi merasakan demam dan sakit kepala. Jika gejalanya sudah sampai seperti itu, berarti sakit giginya harus segera ditangani dokter.

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?

Setelah mengetahui gejala sakit gigi, Anda perlu mengetahui penyebab dari sakit tersebut. Ternyata ada beberapa penyebabnya hingga membuat bagian gusi terasa sangat sakit, membengkak, hingga pendarahan. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian selengkapnya berikut.

1. Kerusakan Gigi

Penyebab umum sakit gigi yang banyak diderita orang, yaitu adanya kerusakan di bagian gigi yang sakit. Sementara itu, kerusakannya disebabkan oleh erosi dan pembentukan rongga gigi di permukaan luar. Dengan kata lain, giginya berkarang, erosi, hingga berlubang yang menyebabkan sakit luar biasa di gusinya.

Adapun penyebab gigi berlubang hingga menyebabkan sakit gigi lebih berkaitan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Terlalu banyak glukosa atau gula akan menyebabkan kerusakan pada gigi Anda.

2. Gigi Sensitif

Banyak orang memiliki jenis gigi sensitif yang dipastikan akan sering merasakan sakit di bagian gigi tersebut. Disebut sensitif karena memang syaraf-syarafnya mudah bereaksi terhadap sesuatu yang asing. Misalnya, terlalu dingin, terlalu panas, terlalu manis, dan yang lainnya.

Anda yang memiliki gigi sensitif harus tetap menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak sering sakit. Selain itu, Anda harus rutin menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif.

3. Infeksi dan Peradangan Gusi

Penyebab sakit gigi yang satu ini juga tidak boleh disepelekan. Hal itu dikarenakan bakteri yang menginfeksi bagian syaraf gusi hingga menyebabkan peradangan. Gusi menjadi membengkak dan rasanya sakit sekali. Bagian yang membengkak tersebut bisa berisi darah atau nanah karena mengalami infeksi. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Setelah membaca uraian diatas, sudah seharusnya Anda memahami perihal penyebab sakit gigi beserta gejala dan cara penanganannya. Jika tidak ingin sakit gigi, maka Anda harus menjaganya setiap waktu.