Health

Cataflam Obat Sakit Gigi yang Ampuh Mengatasi Ngilu

By Admin |

Sakit gigi selalu menjadi salah satu kondisi yang paling tidak disukai oleh manusia. Ngilu akibat gigi berlubang, infeksi, gigi patah atau radang gusi rasanya sangat mengganggu aktivitas. Cataflam Obat Sakit Gigi  sering dijadikan solusi dalam mengatasi ngilu yang terjadi. Berikut ini penjelasan mengenai obat cataflam yang sering jadi andalan ketika ngilu sakit gigi menyerang.

Apakah Cataflam Obat Sakit Gigi 

Obat Cataflam adalah merek dagang dari obat yang memiliki kandungan diclofenac. Diclofenac termasuk golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID yang berkhasiat untuk meredakan berbagai jenis ngilu, termasuk sakit gigi.

Cataflam memiliki manfaat untuk mengurangi rasa ngilu atau sensasi cenat-cenut akibat dari sakit gigi. Cara kerja obat ini adalah obat menghentikan sementara aliran zat kimia  dalam tubuh yaitu enzim siklo-oksigenase (COX). Enzim ini mendorong produksi zat kimia prostaglandin. Zat tersebut diproduksi pada anggota tubuh yang cedera sehingga menimbulkan rasa sakit dan radang.

Keampuhan dari Cataflam Obat Sakit Gigi  terhitung cukup ampuh. Obat cataflam bereaksi pada tubuh dalam 10 sampai 30 menit untuk meredakan ngilu parah akibat sakit gigi. Obat ini berguna untuk mengatasi ngilu sakit gigi yang terasa mengganggu. 

Sebagai catatan, Cataflam bukanlah solusi utama dalam mengobati penyebab utama sakit gigi. Cataflam hanya berfungsi untuk mengurangi dan meredakan rasa sakit serta peradangan untuk sementara. Rasa sakitnya akan berkurang sebelum Anda pergi ke dokter gigi untuk berobat. 

Aturan Minum Cataflam Obat Sakit Gigi 

Cataflam tersedia dalam berbagai jenis bentuk seperti obat tetes, tablet salut gula,bahkan bubuk. Obat ini memiliki label dengan huruf K berwarna merah pada kemasannya yang menandakan bahwa cataflam adalah obat keras. Sehingga penggunaannya harus hati-hati dan memakai resep dari dokter. 

Umumnya, Dokter akan meracik resep cataflam dalam bentuk bubuk atau tablet salut gula pada pasien dewasa. Sedangkan untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas akan mengonsumsi cataflam dalam bentuk obat tetes. 

Orang dewasa memerlukan 100-150 mg Cataflam yang dikonsumsi dalam 2-3 bagian tiap harinya. Atau Sehari dua sampai tiga kali tablet 50 mg (satu butir tablet salut gula cataflam). Sedangkan dosis Cataflam untuk anak usia di atas 6 tahun adalah 2 mg per kg berat badan yang dikonsumsi selama 2-3 dosis per hari. 

Obat ini memiliki efek samping seperti obat jenis NSAID pada umumnya. Efek samping cataflam yang mungkin terjadi antara lain:

  1. Mual
  2. Ngilu ulu hati
  3. Diare
  4. Perut kembung
  5. Pusing  (jarang terjadi)
  6. Vertigo (sangat jarang)
  7. Ruam kulit (sangat jarang)

Sebagai catatan, Cataflam tidak ditujukan pada semua orang. Cataflam memiliki efek samping yang berbahaya apabila dikonsumsi orang dengan kondisi sebagai berikut:

  1. Riwayat alergi kalium diklofenak atau obat NSAID lainnya
  2. Pasien tukak saluran cerna aktif
  3. Pasien gangguan fungsi hati dan ginjal yang parah
  4. Menerima operasi bypass jantung koroner baru-baru ini.

Bagi Anda yang memiliki serangan jantung, tekanan darah tinggi, atau kelebihan cairan (edema). Harap berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping yang bisa memperburuk kondisi Anda. Ibu hamil juga tidak disarankan mengonsumsi obat sakit gigi. 

Demikian artikel salah satu obat sakit gigi yang paling umum ditemui di apotek. Cataflam Obat Sakit Gigi  tergolong ke dalam obat keras sehingga resep dokter dan konsultasi dengan dokter sangat direkomendasikan sebelum mengonsumsi obat satu ini. 

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category