Health

Mengetahui Apa Itu Flu : Penyebab dan Juga Gejalanya

By Admin |

Flu memang merupakan penyakit yang cukup umum. Namun, masyarakat luas kadang kurang mengenal apa itu flu. Penyakit ini sering kali disebut juga sebagai influenza. Gangguan ini sering mengganggu sistem pernapasan dan menyebabkan berbagai gejala. 

Flu sering kali disamakan dengan batuk dan pilek biasa. Namun, ternyata antara flu dan batuk pilek ini adalah dua hal yang berbeda. Gejalanya memang ada yang mirip, karena itu para pembaca perlu mengenalnya dengan benar. 

Apa Itu Flu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masyarakat luas kadang kurang mengenal penyakit flu. Malah, sering kali menemukan penyakit ini dengan penyakit seperti batuk dan pilek. Padahal, kedua penyakit ini sangat berbeda walaupun memiliki gejala yang hampir sama. 

Secara spesifik, flu adalah gangguan sistem pernafasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus ini sering kali menyerang tenggorokan, paru-paru, dan hidung. Sering kali mempengaruhi sistem pencernaan. Jadi, menyebabkan gangguan seperti diare dan muntah. 

Perlu diketahui, bahwa sebenarnya tidak ada obat spesifik dari penyakit flu ini. Cara untuk mengobati penyakit ini yang paling efektif adalah memperkuat sistem imun tubuh. Jadi, tubuh bisa secara alami mengalahkan virus yang ada di dalam tubuh. 

Kebanyakan orang memang akan pulih dengan cara ini dan sembuh dalam beberapa hari. Namun, pada beberapa orang bisa saja mengalami komplikasi yang serius. Karena kurangnya sistem imun tubuh. 

Penyebab Penyakit Flu 

Penyakit flu disebabkan karena adanya infeksi virus influenza. Virus ini menyebar melalui udara maupun droplet berupa percikan air liur. Medianya melalui batuk, bersin, atau ketika mengeluarkan liur ketika berbicara. 

Karena lawan bicara atau orang yang ada di dekatnya bisa menghirupnya ketika kontak dengan hidung, mulut, atau mati. Gejala baru akan muncul sekitar lima hari, setelah penularan dilakukan. 

Anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lebih lemah. Menjadi lebih rawan dan mudah terkena penyakit dan gangguan ini. 

Gejala Penyakit Flu 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit flu sering kali disamakan dengan penyakit ringan seperti batuk dan pilek. Karena memang ada kesamaan gejala diantara penyakit ini. Berikut adalah berbagai gejala dari penyakit flu yang lebih spesifik. 

  • Nafsu Makan Menghilang. 
  • Tenggorokan terasa sakit ketika menelan. 
  • Tubuh terasa menggigil. 
  • Tubuh menjadi lebih mudah berkeringat. 
  • Badan terasa sakit dan pegal-pegal. 
  • Sering mengalami sakit kepala.
  • Batuk kering dan sesak di dada. 

Gejala di atas bisa sembuh dengan perawatan yang baik dan akan membaik dengan seiringnya meningkatnya daya tahan tubuh. Perawatan bisa dibantu dengan berbagai obat flu yang berbeda dan bisa dibeli dengan mudah. 

Itulah informasi mengenai apa itu flu serta informasi mengenai penyebab dan gejalanya. Walaupun cukup umum terjadi, ada baiknya untuk memahami penyakit ini dengan lebih baik. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category