Health

Menghitung Ukuran 1 Ons Dalam Satu Cangkir

Dalam mengukur sebuah berat ada beberapa satuan seperti kilogram, ons, gram dan ton. Satuan ons atau ounce sangat familiar sekali digunakan tetapi dengan bantuan alat gelas, mug atau cangkir. Memang kurang yakin dibandingkan dengan memakai timbangan berat tapi banyak orang mengkonversikan sendiri media atau alat standar hitungan tersebut. Misalnya, seseorang membuat kue dengan ukuran gula pasir 3 cangkir kopi espresso tujuannya agar rasa manis kue tersebut stabil. Nah, ternyata ada perbedaan volume cangkir di seluruh dunia lho dalam menentukan ada berapa ounce dalam satu cangkir? Berikut ini penjelasan singkat dari ketentuan wadah cangkir dengan ukuran berat oz atau ounce.  

Satuan ons di Amerika

Di Amerika, satuan ons atau oz distandarkan dengan media cangkir yang telah diukur seberat 6 oz atau 6 ons. Ukuran yang diambil merupakan sebuah ukuran volume dari benda padat kering seperti gula pasir, garam, atau tepung. Setiap gelas cangkir kopi di Amerika terstandar 6 oz untuk 1 cangkir kecil. Ada juga ukuran gelas cangkir 8 oz dengan volume 236 ml, untuk cangkir kopi Z adalah 16 oz = 473 ml, untuk cangkir kopi paper cup venti adalah 20 oz = 591 ml. Ada juga ukuran untuk minuman es kopi dengan gelas ukuran 24 oz = 709 ml dan satu lagi standar minuman kopi jenis cangkir Trenta adalah 31 oz = 916 ml.

Satuan ons di Indonesia 

Di Indonesia ukuran berat ons atau oz dalam 1 cangkir kapasitas 150 ml = 5,07 ons atau dibulatkan dengan 1 cangkir = 5 ons padatan kering benda. Hal ini sama dengan negara belanda yang juga menerapkan 1 ons atau 1 oz = 100 gram untuk semua berat benda kering padat.

Jadi, jika anda ingin mengukur dengan standar Amerika maka 1 oz Amerika = 29,57 ml cangkir Amerika kopi. Kita perlu memahami seberapa besar kebutuhan berat jika ingin membuat kue dengan takaran tertentu. 

Satuan ons di beberapa negara

  • Spanyol, 1 onza adalah 28,75 gram
  • Prancis, 1 once adalah 30,59 gram
  • Portugis, 1 onca adalah 28,69 gram
  • Romawi/italia, 1 ons adalah 27,4 gram
  • Belanda, 1 ons adalah 100 gram
  • Tiongkok, 1 ons adalah 50 gram

Nah, setiap negara memiliki takaran standar ons masing-masing ya dimana dalam 1 cangkir gelas tersedia volume 245 ml, 250 ml dan berat 1 ons untuk 1 cangkir bisa dikonversikan ada yang 6 oz, 8 oz. Kuncinya, anda harus tahu berapakah standar 1 oz di sebuah negara kemudian jika ingin memakai alat cangkir juga harus disesuaikan volume cangkir tersebut, takarannya penuh 1 gelas cangkir.