Health

Obat Batuk Kering Yang Bagus Apa? Berikut Rekomendasinya

By Admin |

Obat batuk kering yang bagus apa menjadi salah satu kata kunci yang paling sering muncul di situs mesin pencari online. Hal tersebut tentu bukanlah tanpa alasan, batuk yang diakibatkan oleh iritasi tenggorokan ini memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi jika peradangan yang terjadi tergolong berat. 

Apabia saat ini Anda sedang berkutat dengan keluhan batuk kering yang tak kunjung membaik, disini akan dibahas mengenai kelompok obat yang bagus untuk meredakan rasa gatal pada batuk kering.

Rekomendasi Obat Batuk Kering Yang Bagus

Tidak semua obat batuk bisa digunakan untuk mengobati batuk kering. Agar tidak salah piliih, berikut dua jenis kelompok obat batuk kering yang tersedia di apotik yaitu:

1. Antitusif

Antitusif bekerja dengan cara menekan refleks batuk di otak sehingga bisa mengurangi dorongan untuk batuk. Contoh obat batuk kelompok antitusif yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk kering adalah obat yang mengandung dextromethorphan HBr atau levodropropizine

Obat jenis ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami batuk kering terus-menerus bahkan hingga malam hari. 

2. Antihistamin

Antihisamin adalah kelompok obat batuk kering yang berfungsi untuk menghambat senyawa penyebab radang tenggorokan. Contoh obat batuk kelompok antihistamin adalah chlorpheniramine maleate. 

Obat kelompok antihistamin sangat ampuh mengatasi batuk kering yang disertai gejala alergi seperti gatal pada tenggorokan dan hidung serta bersin-bersin. 

Banyak orang mencari rekomendasi obat batuk kering yang bagus apa. Dengan mengetahui kandungannya Anda tentu bisa memilih merek obat  yang paling tepat untuk mengatasi batuk kering. 

Obat Batuk Kering Dari Bahan Tradisional 

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat kimia, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan obat batuk kering yang berasal dari bahan-bahan tradisional diantaranya:

1. Air Garam

Air garam dapat meredakan rasa gatal di tenggorokan. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mencampur setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur setiap tenggorokan mulai terasa gatal. 

2. Kunyit dan Jahe

Kunyit dan jahe juga bisa menjadi obat batuk kering dari bahan alami yang bisa Anda coba. Rebus jahe dan kunyit dengan air minum lalu konsumsi secara teratur hingga batuk kering membaik. 

3. Madu

Madu mengandung zat anti bakeri dan anti radang yang tinggi. Ada bisa memanfaatkan bahan alami ini untuk mengurangi peradangan di tenggorokan yang menyebabkan batuk kering.

Madu bisa dicampur dengan secangkir teh hangat atau air lemon. Anda bahkan bisa mengonsumsi dua sendok madu secara langsung atau mengoleskannya pada roti saat sarapan. 

Itulah rekomendasi obat batuk kering yang perlu Anda ketahui. Kini rasa ingin tahu tentang obat batuk kering yang bagus apa bisa terjawab. Penggunaan obat kimia maupun tradisional bisa mengatasi batuk kering dengan optimal asalkan Anda memperhatikan aturan pakai serta efek sampingnya. 

Share

Trending Article

Inilah Aneka Makanan Padat Kalori yang Cocok untuk Menambah Berat Badan

Simak Daftar Aneka Kalori Dimsum yang Jarang Orang Ketahui

Mengapa Kita Perlu Menghitung Kalori Harian?

1 Piring Nasi Berapa Kalori dan Cara Praktis Menakar Porsi Makan

Berapa Kalori Nasi Putih dan Nasi Lainnya?

Berapa Kalori Bubur Kacang Hijau?

Article Category