Health

Perhatikan! Ini Ciri-Ciri Luka Diabetes Yang Mau Sembuh

By Admin |

Kadar gula darah yang tidak stabil serta penyakit komplikasi yang menyertainya membuat luka pada penderita diabetes relatif lama untuk sembuh. Bahkan pada kondisi yang parah, proses penyembuhan luka tersebut memerlukan waktu hingga berbulan-bulan. Lantas apa saja ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh? 

3 Ciri Luka Diabetes Akan Sembuh

Terdapat 3 ciri luka diabetes yang berangsur membaik, diantaranya:

1. Munculnya Jaringan Baru Yang Berfungsi Menutupi Luka

Ciri luka diabetes akan sembuh yang pertama adalah munculnya jaringan baru. Tubuh biasanya akan mengirimkan sinyal kimia yang memberitahu sel-sel di sekitar luka untuk membuat jaringan elastis. 

Jaringan baru ini akan menutupi serta memperbaiki kulit yang berada di jaringan luka diabetes. Salah satu sel yang berperan dalam pembentukan jaringan elastis baru ini adalah sel darah merah yang kaya akan oksigen. 

2. Munculnya Rasa Gatal Di Sekitar Area Luka Diabetes

Ciri luka diabetes akan sembuh yang selanjutnya adalah munculnya rasa gatal di sekitar area luka. Rasa gatal ini timbul akibat rangsangan senyawa kimia alami serta proses perbaikan saraf. 

Saat luka diabetes mau sembuh, tubuh akan memproduksi serta melepaskan histamin yang berfungsi sebagai perlindungan pada area luka.

Selain itu serabut saraf yang khusus yang bisa mendeteksi lapisan kulit teriritasi juga akan mengirimkan sinyal pada sumsum tulang belakang. Pada akhirnya semua respons alami tubuh tersebut akan menimbulkan rasa gatal pada saat luka akan mengering

3. Warna Kemerahan Yang Semakin Memudar

Warna kemerahan yang semakin memudar juga menjadi ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh. Jaringan baru yang terbentuk oleh sel darah merah akan membantu sel-sel lain untuk mengangkat  bekas luka merah yang telah mengering. 

Kemudian warna kemerahan pada luka tersebut akan memudar dan terlihat lebih rata. Meski ada pula jaringan luka yang menjadi mengerut atau meregang.

Cara Merawat Luka Pada Penderita Diabetes

Luka diabetes harus diperhatikan dan dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan infeksi serius. Sebagai informasi, berikut cara merawat luka diabetes yang perlu Anda ketahui

  1. Membersihkan area luka setiap hari
  2. Mengecek tingkat keparahan pada luka
  3. Menutup luka dengan perban
  4. Menghindari tekanan pada area luka
  5. Mengontrol asupan gula darah
  6. Memperhatikan pola makan untuk pemenuhan nutrisi yang baik bagi tubuh

Selain melakukan perawatan luka, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar luka diabetes tidak muncul di bagian tubuh yang lain. Misalnya dengan berhati-hati saat menggunakan alat atau benda tajam serta menghindari berjalan tanpa menggunakan alas kaki. 

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh. Munculnya luka memang menjadi hal yang paling dikhawatirkan oleh penderita diabetes. Meski begitu, dengan perawatan yang tepat dan teratur, potensi luka diabetes yang bertambah parah bisa diminimalkan.

Share

Trending Article

Rahasia Kulit Bersih: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi? Serta, Apa Saja Penyebabnya?

Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Tanpa Rasa Gatal dan Sakit

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Emosi Sedang Memuncak

Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan: Penjelasan dan Tips Mudah

Article Category