Health

5 Obat Tidur untuk Insomnia Dari Bahan Alami

Manusia memerlukan tidur yang cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah melakukan banyak aktivitas seharian. Namun bagi penderita insomnia, untuk bisa tertidur nyenyak dibutuhkan bantuan obat tidur yang harus dikonsumsi setiap malam. Padahal obat tidur untuk insomnia tidak bisa dikonsumsi jangka panjang dan harus sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. 

Mengonsumsi obat tidur yang dijual bebas di pasaran secara sembarangan justru akan membahayakan tubuh. Untuk itu, ketimbang meminum obat tidur tanpa resep dokter, Kamu sebaiknya mencoba untuk mengonsumsi obat tidur yang terbuat dari bahan alami. Berikut beberapa obat tidur alami bagi penderita insomnia yang bisa Kamu pertimbangkan:

1. Chamomile 

Obat tidur alami untuk insomnia yang pertama adalah bunga Chamomile. Bunga kecil berwarna kuning dan putih ini memiliki aroma yang harum dan menenangkan.  Chamomile biasanya dikonsumsi dengan cara diseduh menjadi teh.

Berbeda dengan jenis teh lainnya, teh chamomile tidak mengandung kafein yang menyebabkan sulit tidur. Sebaliknya, teh chamomile dapat mempercepat waktu tidur dengan memberikan efek relakasasi yang membuat pikiran lebih tenang.  

2. Akar Varelian

Akar varelian termasuk pada golongan tanaman herbal yang berasal dari benua Eropa dan sebagian benua Aasia. Tanaman ini mampu membantu mengatasi masalah sulit tidur tanpa menimbulkan efek di pagi harinya.

Meski terbilang aman untuk dikonsumsi, akar varelian ternyata bisa bereaksi jika diminum dengan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk menggunakan akar varelian sebagai obat tidur, Kamu perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau psikiater. Tanaman ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

3. Lavender

Obat tidur untuk insomnia dari bahan alami selanjutnya adalah bunga lavender.  Sama seperti chamomile, bunga lavender juga memiliki aroma yang harum. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat obat, minyak hingga pewangi.  Aroma lavender akan memberikan efek yang menenangkan dan akan membuat seseorang lebih cepat untuk tertidur.

Kamu bisa menggunakan minyak atsiri lavender melalui difusser atau dioleskan secara langsung ke dekat hidung atau bagian dahi. Kamu juga bisa menggunakan parfum atau pewangi lavender di dekat tempat tidur.

4. Makanan dengan Kandungan Glisin

Glisin merupakan asam amino yang memiliki peran penting dalam memperlancar cara kerja sistem tubuh. Glisin juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang dengan cara menurunkan suhu tubuh.

Untuk menghindari ketergantungan obat tidur berbahan kimia, Kamu bisa memanfaatkan glisin untuk insomnia dengan cara mengonsumsi beberapa makanan seperti bayam, kacang panjang, daging ayam, daging sapi hingga ikan tuna. 

5. Makanan Dengan Kandungan Melatonin

Melatonin merupakan hormon alami tubuh yang berfungsi untuk mengatur pola tidur seseorang. Hormon ini akan keluar secara alami ketika cahaya matahari mulai berkurang atau redup.

Namun produksi melatonin akan terhambat ketika bertemu sinar biru yang berasal dari perangkat elektronik seperti handphone atau laptop dan menyebabkan seseorang susah tidur. Agar pelepasan melatonin dapat lebih maksimal Kamu sebaiknya tidak menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur.

Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung melatonin seperti buah pisang, kacang almond, serta susu. 

Selain mengonsumsi obat tidur alami, penderita insomia sebaiknya meminum suplemen makanan seperti Natural Factors Complete B. Suplemen ini mengandung vitamin B kompleks yang memiliki banyak manfaat untuk penderita insomnia diantaranya menjaga kesehaan sistem saraf, membantu mendapatkan tidur yanng berkualitas, mengurangi stress dan kecemasan berlebihan, membantu metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak, serta mencegah anemia. 

Itulah beberapa jenis obat tidur untuk insomnia yang terbuat dari bahan alami. Mengatasi gangguan insomnia tidak hanya bisa dilakukan dengan meminum obat tidur atau suplemen berbahan herbal saja. Kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan cara rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.