Health

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Kembali Pede Kembali

By Erwin |

Bagaimana cara menghilangkan bruntusan memang menjadi salah satu informasi penting yang perlu diketahui oleh Anda. Mengingat masalah kulit satu ini memang kerap mengganggu penampilan seseorang bahkan membuat kepercayaan diri menurun.

Walaupun berupa benjolan dengan ukuran cukup kecil tetapi apabila ada banyak memang dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Bahkan kemungkinan juga tidak akan mood dalam menjalani hari-hari sehingga menjadi tidak produktif.

Penyebab Bruntusan Yang Perlu Diketahui

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan bintik-bintik kecil pada wajah, bruntusan sendiri merupakan kondisi dimana permukaan kulit menjadi tidak rata dan kasar. Kulit menjadi bertekstur sekaligus tidak halus disebabkan karena terdapat benjolan tersebut.

Penyebab dari masalah satu ini sebenarnya cukup beragam mulai dari komedo membandel hingga adanya penumpukan minyak berlebih pada wajah. Nah, berikut ini sejumlah penyebab yang disinyalir menyebabkan bruntusan dapat terjadi pada wajah

1.       Komedo

2.       Jerawat

3.       Keratosis pilaris

4.       Milia

5.       Eksim

6.       Alergi

7.       Iritasi wajah

8.       Penumpukan minyak dan sel kulit mati.

Selain sejumlah faktor diatas, ternyata juga terdapat menyebab lainnya yang mengakibatkan bruntusan ini dapat terjadi seperti stress, adanya perubahan hormone, penggunaan skincare yang tidak cocok dengan tipe kulit dan lainnya.

Cara Menghilangkan Bruntusan Membandel pada Wajah

Kendati bukan masalah yang cukup besar, tetapi bruntusan seringkali meruntuhkan kepercayaan diri dari seseorang. Nah apabila Anda salah satu yang sedang mengalami masalah ini maka perlu untuk mengetahui beberapa cara mengatasi bruntusan ini.

1.       Rajin Membersihkan Wajah Secara Rutin

Wajah yang kotor akibat debu, kotoran ataupun sisa make-up ternyata bisa meningkatkan risiko terkena masalah bruntusan ini. Oleh karena itulah setelah Anda melakukan aktivitas dari luar rumah, maka jangan lupa membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan micellar water, milk cleanser serta facial wash.

2.       Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi pada kulit wajah memang disarankan dilakukan setiap seminggu sekaligus untuk menghilangkan bruntusan ini. Saat ini sudah banyak produk eksfoliasi yang bisa ditemukan dan pastikan mengandung beberapa bahan seperti asam alfa hidroksi, asam laktat, asam salisilat serta retinoid.

3.       Menggunakan Madu

Seperti sudah diketahui bahwa madu memang dikenal sebagai bahan yang mempunyai segudang manfaat baik kesehatan dan kecantikan. Nah, Anda dapat memanfaatkan madu ini untuk menghilangkan bruntusan pada wajah.

4.       Jangan Lupa Menggunakan Pelembab

Tips terakhir yang dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan menggunakan pelembab. Tidak hanya berfungsi untuk melembabkan kulit wajah saja, tetapi juga dapat mencegah terjadinya bruntusan.

Bruntusan pada wajah memang sering kali mengganggu kepercayaan diri seseorang bahkan membuat bad-mood. Tetapi jangan khawatir karena dengan cara menghilangkan bruntusan di atas ternyata cukup efektif mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category