Health

Tanpa Minum Obat, Begini Cara Turunkan Demam pada Orang Dewasa

By Erwin |

Demam bukan berarti kamu sedang mengalami penyakit tertentu. Demam bisa menjadi tanda tubuh sedang berperang melawan bakteri/virus yang masuk ke tubuh, dan demam merupakan bentuk dari pertahanan tubuh. 

Meskipun demam adalah bagian sistem kerja imun tubuh, tapi perlu diwaspadai juga jika suhu tubuh meningkat. Nah, sebagai usaha membantu sistem kerja imun tubuh, ada sejumlah cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat yang bisa dicoba, yakni:

Cara Turunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat

  • Kompres dengan Air Hangat

Cara turunkan demam pada orang dewasa yang pertama yakni dengan mengompres tubuh dengan air hangat. Walaupun termasuk cara klasik yang dilakukan dari dulu, mengompres dengan air hangat terbukti mampu untuk membantu mengatasi panas tubuh. 

Namun, pastikan supaya air yang dipakai untuk mengompres tak begitu dingin ataupun panas. Anda bisa membasahi kain dengan air hangat, dan lalu tempelkan kain di dahi, leher, maupun dada. Lakukan tindakan tersebut berulang tiap 10 menit. 

  • Rendam Kaki

Walaupun kedengarannya sederhana, merendam kaki adalah cara turunkan demam secara alami selanjutnya. Rendam kaki Anda selama 20 menit di air hangat atau air normal. 

Ini akan membantu mendinginkan serta merilekskan tubuh. Anda pun dapat menambahkan minyak atsiri beberapa tetes untuk membuat sensasi yang lebih menenangkan. 

  • Banyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat bantu turunkan demam pada orang dewasa. Saat demam, tubuh akan rentan dehidrasi, air bisa kembalikan cairan yang hilang dan juga menetralisir peningkatan suhu badan. 

Untuk berikan kenyamanan, Anda disarankan minum air hangat. Misalnya air jahe atau teh manis hangat yang dapat membantu kembalikan vitalitas tubuh. 

  • Istirahat Cukup

Jika perlu, Anda setelah makan lalu tidur seharian dengan selimut. Istirahat cukup bisa bantu tubuh lawan infeksi masuk dan kembalikan vitalitas tubuh. Tidur dengan selimut bisa bantu keluarkan keringat, sehingga kembalikan suhu tubuh menjadi normal kembali. 

Kapan Perlu ke Dokter?

Sebagai catatan, jika demam tak membaik juga dalam beberapa hari setelah Anda melakukan perawatan di atas maupun sudah mengonsumsi obat penurun demam, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. 

Berkonsultasi dengan dokter dianjurkan sekali, apalagi jika Anda disertai gejala tambahan seperti leher kaku, muntah terus-menerus, mata sensitif terhadap cahaya, timbul ruam atau bercak kemerahan di kulit, dan sesak nafas. 

Perlu untuk diingat, mendapatkan diagnosis demam yang tepat penting sekali supaya penanganan yang dilakukan berdasarkan penyebab demam. Selain itu, penanganan yang sedini mungkin pastinya akan membantu menekan kemungkinan mengalami kondisi semakin parah. 

Itulah informasi mengenai cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat. Jika demam tidak juga turun, Anda dapat segera periksakan diri ke rumah sakit untuk dapatkan perawatan secara tepat.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category