Health

Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diperhatikan, Anda Sudah Tahu?

Ada berbagai macam masalah yang bisa terjadi pada kulit termasuk juga kulit kering dimana terjadi ketika lapisan kulit paling atas tidak memperoleh kelembaban cukup. Penyebab kulit kering sendiri ternyata juga beragam mulai dari cuaca hingga terpapar zat kimia tersebut.

Apabila hal tersebut terjadi pada anda maka akibatnya adalah kulit akan terlihat bersisik, pecah-pecah bahkan mengelupas. Bahkan dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan sensasi perih pada pasiennya. Dalam istilah medis, kondisi tersebut dikenal dengan sebutan xerosis.

Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diketahui

Kondisi satu ini sebenarnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja tetapi paling umum adalah terjadi pada tangan ataupun kaki. Bahkan setiap orang bisa terkena masalah tersebut terutama lanjut usia maka risiko terkena juga akan semakin tinggi.

Apabila pasien mengalami masalah tersebut maka kulit akan cenderung lebih sensitif bahkan rentan terkena berbagai kerusakan. Apabila tidak ditangani dengan segera maka akan menimbulkan masalah baru seperti infeksi bakteri, eksim hingga retakan kulit berdarah.

Oleh karena itulah anda harus memahami penyebab kulit kering tersebut lebih lanjut sehingga dapat mengambil langkah paling tepat untuk proses pengobatannya nanti.

1.       Kebiasaan Menggosok Kulit

Apakah anda punya kebiasaan menggosok kulit menggunakan spons atau scrub ketika mandi dan terlalu kencang dalam menggosok menggunakan badan? Ternyata menggosok terlalu kencang dan sering akan membuat kelembaban pada permukaan kulit semakin berkurang. Oleh karena itulah untuk mengatasinya, hendaknya jangan terlalu sering menggosok kulit.

2.       Faktor Cuaca

Cuaca ternyata mempunyai peranan cukup  penting untuk membuat kulit kering lho. Sebab pada kondisi dingin atau kering, risiko kulit mengalami kekeringan akan semakin tinggi. Sebagai contohnya pada saat musim panas, kulit akan mengalami kering karena dehidrasi.

3.       Paparan Sinar Matahari Terlalu Berlebih

Paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan ternyata juga tidak baik untuk kulit. Bahkan membuat kulit dapat kekurangan cairan alias dehidrasi. Ini diakibatkan karena sinar UV mampu menembus jauh ke bawah permukaan kulit sehingga kelembabannya akan hilang.

4.       Terkena Zat Kimia

Sabu, deterjen ataupun produk pembersih dengan bahan keras biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit termasuk menghilangkan kelembabannya. Sebab biasanya produk ini dilengkapi oleh surfaktan yang mempunyai pH basa.

5.       Gejala Penyakit Tertentu

Bisa jadi kulit anda yang kering menjadi tanda bahwa anda sedang mengalami jenis penyakit tertentu. Eksim ataupun psoriasis merupakan dua contoh penyakit pada kulit dimana akan memperlihatkan gejala kulit kering hingga berkerak.

Adapun gejala kulit kering biasanya adalah kulit akan terasa kasar dan tidak rata, terasa kencang dan ketat ketika manding, bersisik, pecah-pecah bahkan akan terasa gatal. Apabila kondisi tersebut tidak kunjung membaik maka segera periksa ke dokter.

Demikian beberapa penyebab kulit kering yang perlu anda ketahui dengan baik sehingga dapat diatasi dengan segera. Perlu diingat apabila kondisi satu ini tidak segera membaik maka kami sarankan agar segera melakukan pemeriksaan ke dokter.