Health

Penyebab Radang Tenggorokan yang Kerap Disepelekan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sangat umum ditemukan, karena hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan sangat banyak, dan tentu saja dikarenakan beberapa kebiasaan tidak sehat yang masih Anda miliki. Masih banyak sekali yang tidak menyadari betapa banyaknya hal yang bisa terganggu karena radang tenggorokan. Berikut adalah penyebab radang tenggorokan yang kerap disepelekan!

1. Adanya Alergi

Penyebab radang tenggorokan yang pertama adalah adanya alergi yang Anda miliki. Salah satu hal yang sebaiknya Anda sadari adalah alergi apa saja yang Anda miliki. Banyak yang merasa bingung ketika sudah merasakan tenggorokan yang mulai radang karena merasa tidak memiliki alergi apapun. Jenis alergi yang bisa mengarah pada Penyebab radang tenggorokan adalah alergi serbuk bunga, alergi terhadap pemanis buatan, dan yang lainnya. 

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda-beda sehingga tidak bisa disamaratakan ketika membicarakan alergi Penyebab radang tenggorokan. Anda dapat melakukan tes alergi di lab sehingga mengetahui kondisi tubuh dengan jauh lebih baik. 

2. Penyakit GERD

Penyakit GERD merupakan salah satu penyakit yang bisa Anda miliki ketika kerap menunda makan dan membuat kondisi lambung menjadi lemah. Penyakit GERD membuat kerongkongan mengalami iritasi sehingga dapat menjadi Penyebab radang tenggorokan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan membuat kemungkinan kerongkongan menjadi luka lebih parah dan memberikan rasa sakit ketika Anda menelan adalah hal yang sangat mungkin. 

Apabila Anda merasakan hal ini, maka sudah saatnya mengunjungi dokter sehingga tidak lagi merasakan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh GERD. Hal ini bisa menjadi sangat parah apabila dibiarkan terlalu lama karena bisa merusak banyak organ di tubuh Anda. 

3. Polusi Udara

Polusi udara juga menjadi Penyebab radang tenggorokan yang sangat sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Terutama Anda yang baru saja pindah dari daerah dengan kondisi udara yang sangat bersih menuju daerah kota dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Banyak sekali yang mengalami sakit tenggorokan karena tidak bisa beradaptasi ketika awal datang. 

Selain kondisi udara di luar ruangan, sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan juga sebaiknya dijaga apabila Anda ingin terhindar dari sakit tenggorokan. Pastikan kamar yang Anda huni memiliki ventilasi yang cukup serta selalu dijaga kebersihannya. Hal ini membuat Anda bisa terhindar dari banyaknya Penyebab radang tenggorokan. 

4. Infeksi Virus

Penyebab radang tenggorokan yang kerap disepelekan adalah adanya infeksi virus. Apakah Anda pernah merasa ketika flu atau batuk Anda juga merasakan sakit tenggorokan? Infeksi virus yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan membuat Anda akan merasa sakit yang sangat tidak nyaman. Makan dan minum menjadi kegiatan yang sangat sulit untuk Anda lakukan ketika sudah merasa sakit tenggorokan. 

Informasi di atas berkenaan dengan apa saja Penyebab radang tenggorokan dapat Anda jadikan sebagai informasi tambahan.