Health

Ini 5 Rahasia Wujudkan Resolusi Sehat!

By Admin |

Kalau Natural Buddy selalu ada wacana untuk memiliki pola hidup yang sehat, namun seringkali gagal dalam mewujudkannya, sekarang saatnya kalian memulai. Mungkin beberapa di antara kalian masih berpikir bahwa menjalankan pola hidup sehat itu ribet. Tapi, tahukah kalian bahwa ada beberapa rahasia wujudkan resolusi sehat yang bisa dimulai dari hal-hal kecil? Yuk, simak penjelasan secara lengkapnya di bawah ini, Natural Buddy!

1. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat 

Kalau Natural Buddy sering membeli makanan olahan, minuman bersoda atau banyak mengandung gula, cobalah lebih mengkonsumsi sayur dan buah. Makanan kaya serat akan memberimu nutrisi yang baik bagi badan seperti protein dan vitamin. Lalu rajinlah juga konsumsi air mineral, minuman sehat lainnya karena jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah contoh dari makanan dan minuman yang perlu dihindari:

  • Makanan dan minuman tinggi gula, seperti minuman bersoda, jus kemasan, dan minuman berenergi
  • Makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan daging olahan
  • Makanan ringan kemasan yang tinggi lemak jenuh, seperti sosis, permen, es krim, kue, dan biskuit
  • Minuman bersoda, kopi, minuman berenergi, minuman beralkohol, Lemonade, dan Milkshake karena mengandung gula berlebih. Jika masih ingin mengonsumsi, ada baiknya untuk membuatnya sendiri karena gula yang dipakai masih bisa ditakar sendiri. 

2. Berusaha untuk selalu berpikiran positif

Kebiasaan berpikiran positif dapat memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kebiasaan berpikir positif akan membuat seseorang lebih bersemangat untuk menjalani gaya hidup lebih sehat. Bahkan, berbagai penelitian juga membuktikan bahwa kebiasaan berpikir positif dapat memperpanjang angka harapan hidup seseorang dan mengurangi risiko terjadinya berbagai macam penyakit, seperti: penyakit jantung, stroke, kanker, dan lain sebagainya. 

3. Istirahat yang cukup

Di antara Natural Buddy, siapa yang sering tidur kurang dari 7 atau 8 jam? Tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan tidur mereka entah karena pekerjaan, pikiran, dan hal lainnya. Padahal, tidur merupakan kondisi aktif yang dapat memperbaharui kesehatan mental dan fisik. Namun, istirahat yang cukup itu tetap sangat penting. Bila waktu tidur juga tidak mencukupi, tubuh akan terasa kurang segar dan kurang waspada dan mungkin lebih bingung, mudah tersinggung dan terasa lelah. 

Kurang tidur bukan hanya mempengaruhi tingkat energi melainkan juga fungsi mental dan fungsi sosial seseorang. Tidur yang kurang juga bisa membahayakan, setiap tahun ada lebih dari 100.000 kecelakaan yang disebabkan karena tertidurnya pengemudi ketika sedang mengemudi. Oleh karena itu, kalian harus bisa berusaha untuk memenuhinya. Berikut ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan menurut dr. Imelda Wijaya, MARS:

  • Membatasi tidur siang
  • Hindari olahraga berat sebelum tidur
  • Hindari makanan berat menjelang waktu tidur
  • Hindari minum kopi atau merokok sebelum tidur
  • Hindari bekerja, nonton TV sebelum tidur

medical check up

4. Melakukan medical check-up 

Apakah Natural Buddy pernah mendengar orang yang tiba-tiba terserang penyakit hingga berujung kematian? Kondisi tersebut bisa lebih rentan terjadi pada orang-orang yang tidak pernah melakukan medical check up

Medical check up merupakan suatu kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Artinya, seseorang yang melakukan kegiatan pemeriksaan ini akan menjalani berbagai tahap pemeriksaan mulai dari sekadar konsultasi atau wawancara medis dengan dokter, pemeriksaan riwayat kesehatan, hingga memeriksa organ vital bagian dalam dan luar tubuh. Dengan melakukan hal ini, diharapkan masalah kesehatan atau penyakit yang mungkin diderita oleh seseorang bisa segera terdeteksi sejak dini.

Setiap orang sebenarnya disarankan untuk melakukan medical check up secara rutin. Paling tidak, dalam setahun, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sekali karena memiliki tujuan untuk:

  • Mengetahui kondisi medis terkini secara menyeluruh.
  • Mendeteksi dengan segera penyakit yang mungkin diderita namun tidak menimbulkan gejala.
  • Mengetahui risiko masalah kesehatan yang mungkin saja muncul di masa mendatang.
  • Termotivasi untuk mencanangkan gaya hidup yang lebih sehat dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, serta memastikan kondisi tubuh saat akan menjalani proses pengobatan tertentu agar terhindar dari risiko efek samping berbahaya.

konsumsi madu manuka

5. Mengonsumsi Madu Manuka 

Agar terus dapat memiliki imunitas tubuh yang baik, tidak ada salahnya jika Natural Buddy mengonsumsi madu Manuka Farm MGS 5+ yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan memberikan energi setiap harinya. Madu sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan kalian. Cukup konsumsi 1-3 sdm madu Manuka Farm setiap nari atau setara dengan 65 gram.

Yuk, sama-sama mulai terapkan resolusi sehat kita bersama, Natural Buddy. Jangan lupa share artikel ini dan follow akun Instagram @naturalfarm.id

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category