Mom & Kids

Rajin Konsumsi Minyak Ikan Bikin Anak Lebih Cerdas?

By Natural Farm |

Memiliki anak cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Queensland menemukan bahwa 20 hingga 40 persen kecerdasan pada seorang anak berkaitan dengan genetika yang mengalir di dalam tubuh sang anak. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak adalah pola pengasuhan, faktor lingkungan, hingga pemberian asupan yang bernutrisi. Memberikan asupan bernutrisi dipercaya mampu untuk meningkatkan kecerdasan anak. Salah satu asupan nutrisi yang harus terpenuhi untuk meningkatkan kecerdasan adalah minyak ikan. Lantas bagaimana minyak ikan dapat mempengaruhi kecerdasan anak dan bagaimana manfaatnya bagi tubuh? Berikut Natural Farm telah merangkum penjelasannya untuk Natural Buddy semua. 

Mengenal Lebih Dekat Manfaat dari Minyak Ikan untuk Tubuh 

Minyak ikan mengandung lemak esensial omega-3 yang kaya akan manfaat.  Omega-3 sendiri terdiri dari tiga jenis yakni ALA (Alpha-Linolenic Acid), DHA (Docosa-Hexaenoic Acid), dan EPA (Eicosa-Pentaenoic Acid). Ketiga jenis tersebut termasuk dalam kelompok asam lemak tak jenuh, sehingga tergolong sebagai lemak yang menyehatkan. Berdasarkan hasil beberapa studi, ditemukan bahwa omega-3 juga penting untuk maturasi sel-sel saraf otak. Bukan hanya itu, komponen tersebut juga dapat bermanfaat untuk melindungi jaringan saraf dari stres oksidatif. 
Asam lemak omega-3 merupakan jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme juga. Namun sayangnya, asam lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh secara langsung sehingga kita perlu mendapatkannya dari makanan dan suplementasi tambahan. Kandungan omega-3 sendiri bisa Natural Buddy dapatkan dengan mudah melalui asupan sehari-hari seperti ikan laut (salmon, tuna, sarden, dan tongkol), kacang kedelai, telur, dan lain sebagainya.

kebutuhan omega 3

Cukupi Kebutuhan Omega-3 dengan Suplementasi Tambahan 

Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam berbagai formulasi suplemen termasuk minyak ikan, minyak krill, minyak ikan kod, dan juga produk vegetarian yang mengandung minyak alga (ganggang). Berikut beberapa rekomendasi suplementasi omega-3 lengkap yang bisa Natural Buddy berikan kepada buah hati tercinta: 

  • Wellness Kids Omega 3 (30 Softgels)
    Memiliki keunggulan untuk bantu meningkatkan daya pikir, memori,konsentrasi dan kecerdasan. Selain itu, suplementasi ini juga bisa bantu menaikkan mood anak, serta mengurangi gejala ADHD. 

  • Natures Health Omega Junior (30 Softgels)
    Produk Omega-3 yg khusus untuk anak-anak dengan rasa orange dan bentuk chewable (cangkang softgel mudah untuk digigit dan mudah larut). Membantu pembentukan dan perkembangan sel-sel otak, dan menjaga kesehatannya untuk daya pikir, memori dan konsentrasi. 

  • ChildLife Essentials DHA (90 Softgels)
    Bersumber dari Purified Arctic Cod Liver Oil. Mengandung DHA, EPA, Vitamin A, Vitamin D, dan Vitamin E. Bentuk sediaan softgel rasa Natural Berry dapat dikunyah atau ditelan. Memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak serta membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, kecerdasan dan konsentrasi. 

manfaat EPA DHA

Manfaat Minyak Ikan untuk Perkembangan Otak Anak dan Kesehatan Tubuh 

Banyak orang yang belum tahu bahwa dua tahun pertama kehidupan merupakan periode emas untuk tumbuh kembang otak anak. Banyak penelitian yang menemukan bahwa omega-3 yang mengandung EPA dan DHA. Hal itu karena omega-3 dapat membantu proses pembentukan mielin, yaitu selubung saraf yang membantu transmisi listrik oleh saraf menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien.
Banyak studi menemukan bahwa DHA dan EPA juga penting untuk maturasi sel-sel saraf otak. Bukan hanya itu, komponen tersebut juga dapat bermanfaat untuk melindungi jaringan saraf dari stres oksidatif. Sebuah studi pada manusia menemukan bahwa kadar EPA dan DHA yang cukup membantu anak memiliki IQ yang normal, dan meningkatkan kemampuan belajar visuospasial serta memori. Bahkan, ada beberapa penelitian juga yang menemukan bahwa anak dari ibu hamil yang mengonsumsi suplemen omega-3 dapat memiliki skor IQ yang lebih tinggi.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk Natural Buddy semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.
 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category