Lifestyle

5 Cara Memilih Frypan Yang Bagus dan Rekomendasi Frypan Terbaik

Wajan menjadi salah satu perkakas yang penting bagi ibu rumah tangga, sebab wajan merupakan perkakas yang paling sering digunakan. Saat ini, ada berbagai jenis wajan yang dapat kita jumpai di pasaran mulai dari yang berbahan teflon, keramik, bahkan hingga kaca. Ada begitu banyak pilihan yang bisa Bunda temukan di sana.

Nah, karena wajan sangat berguna dalam kegiatan memasak seperti untuk menggoreng dan menumis, ada baiknya Bunda mencari tahu rekomendasi wajan-wajan yang bagus nih. Bukan hanya supaya awet dalam penggunaannya, tetapi juga bahannya yang aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan keluarga.

 

Bagaimana Cara Memilih Frypan Yang Tepat?

1. Pilih material antilengket yang tepat

Bahan antilengket yang digunakan untuk melapisi alat masak wajan paling umum dan paling banyak ditemukan adalah bahan teflon. Wajan berlapis teflon memiliki kualitas yang bervariasi sehingga harganya pun bervariasi. Dari mulai wajan yang cenderung tipis dan ringan hingga yang tebal dan berat.

Meski sangat disuka karena mudah dibersihkan, wajan lapis teflon sebenarnya tidak tahan suhu masak yang terlalu tinggi dan mudah terkelupas bila penggunaan dan perawatannya tidak tepat. Ada juga wajan antilengket yang berlapis keramik. Harganya relatif lebih mahal dibanding teflon, tetapi kekuatan lapisan antilengketnya lebih baik. Tidak mudah terkelupas dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

2. Perhatikan ukuran wajan, sesuaikan dengan keperluan

Wajan di pasaran, baik yang datar maupun cekung tersedia dalam berbagai macam ukuran. Ada yang berukuran kecil (diameter 12 cm) untuk membuat pancake atau telur mata sapi, hingga yang berukuran besar (diameter 30 cm) untuk menggoreng dalam jumlah banyak. Kalau kamu masih sendiri, pilih wajan yang diameternya tak lebih dari 28 cm. Sedangkan, kalau kamu sudah berkeluarga , justru pilih yang berdiameter minimal 28 cm agar bisa digunakan untuk memasak dalam porsi banyak sekaligus.

3. Material gagang, pilih yang tidak panas

Gagang dari wajan antilengket juga bervariasi. Kamu akan menemukan wajan bergagang plastik, kayu, dan logam. Wajan dengan gagang berbahan plastik dan kayu sangat aman digunakan, karena ringan, mudah digenggam, serta yang paling penting adalah tidak mengantarkan panas sehingga lebih aman dan nyaman saat digunakan beraksi.

4. Perhatikan bagian dasar wajan, sesuaikan dengan kompor

Sesuaikan dasar wajan dengan kompor kamu. Ada yang berbentuk cekung dan ada pula yang berbentuk datar. Beberapa sumber menyebutkan, permukaan dasar wajan yang cekung membantu perpindahan panas yang lebih baik dibandingkan dengan wajan yang dasarnya datar. Apabila dapur di rumah menggunakan kompor induksi, maka kamu perlu memilih wajan khusus untuk sistem induksi, biasanya adalah material stainless steel.

5. Sesuaikan wajan dengan penggunaan spatula

Agar alat masak kamu yang berbahan antilengket awet, tentunya kamu harus pilih alat masak antilengket yang sudah kamu sesuaikan dengan spatula yang kamu punya di rumah. Spatula yang cocok untuk wajan antilengket, biasanya yang terbuat dari kayu, plastik tahan panas, atau silikon. Hal ini dikarenakan ketiganya tidak akan menggores peralatan masak antilengket kamu sehingga mudah rusak.

rekomendasi frypan yang bagus
 

Rekomendasi Frypan Yang Tepat

GreenPan Queens Open Frypan

Queens Frypan merupakan wajan penggorengan berukuran sedang yang didesain dengan alas datar dan gagang yang panjang, memudahkan Anda untuk menumis atau menggoreng dengan sedikit minyak.

Spesifikasi:

  • Bahan Material : Ceramic Thermolon™ anti lengket
  • Dimensi : tersedia dalam ukuran 24 cm dan 28 cm
  • Kedalaman : tersedia dalam ukuran 3,9 cm dan 4,4 cm
  • Desain: gagang bakelite yang tahan panas dan ergonomis
  • Jenis: Penggorengan kecil (small cookware), tahan dalam oven hingga 180°C
  • Warna : Hitam
  • Untuk semua jenis kompor, termasuk induksi

 

Sekian dulu nih artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk terutama para Natural Buddy yang bingung memilih frypan. Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm di www.naturalfarm.id dan Instagram Natural Farm di @naturalfarm.id untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺

 

Sumber:

https://pickybest.id/wajan-penggorengan-terbaik/ 

https://www.naturalfarm.id/product/greenpan-queens-open-frypan-24-cm-x-39-mm