Health

Simak Tanda – tanda Mau Melahirkan yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

By Erwin |

Ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan bagi para ibu hamil menjelang hari H persalinan nanti. Baik itu persiapkan secara fisik, mental sampai dengan berbagai persiapan berupa perlengkapan menjelang kelahiran buah hati. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, tahukah Anda bahwa baik persalinan normal maupun caesar, umumnya memiliki beberapa tanda tanda mau melahirkan yang umum terjadi pada ibu hamil. Penasaran mengenai apa saja tanda – tanda ibu hamil yang mau melahirkan, simak detail ulasannya di artikel berikut. 

Tanda – tanda melahirkan sudah dekat

Secara umum, ada banyak sekali tanda – tanda kelahiran semakin dekat yang perlu ibu hamil ketahui dan pahami. Dengan demikian, maka ibu hamil bisa mempersiapkan dengan baik dalam menyambut kedatangan si buah hati. Adapun beberapa tanda – tanda ibu hamil yang sudah mau melahirkan dalam waktu dekat, di antaranya yakni sebagai berikut.

1. Terjadi kontraksi rahim

Bisa dikatakan disini, bahwa terjadinya kontraksi rahim merupakan salah satu tanda yang paling umum terjadi pada ibu hamil yang akan segera melahirkan. Dimana disini dikatakan, bahwa terjadinya kontraksi yang dialami oleh ibu hamil biasanya akan terasa sangat kuat, frekuensinya lebih sering dan biasanya bertahan lama. Di samping itu, jangka waktu kemunculan kontraksi rahim sendiri juga terlihat cukup teratur. Meski demikian, Anda juga perlu mengenali terjadinya kontraksi palsu yang biasanya kondisinya lebih ringan dibandingkan kontraksi rahim. 

2. Pecahnya air ketuban

Tanda tanda mau melahirkan selanjutnya yang mungkin sangat Anda kenali, yakni pecahnya air ketuban. Ketika ketuban pecah, biasanya ibu hamil akan langsung merasakan yang namanya kontraksi, sehingga ibu hamil perlu segera dilarikan ke rumah sakit / bidang terdekat untuk memulai proses persalinan. Disini Anda perlu tahu, bahwa meskipun setelah air ketuban pecah dan kontraksi belum cukup kuat, tetap saja harus segera dilakukan persalinan.  

3. Keluarnya lendir kental bercampur dengan darah

Tahukah Anda, bahwa ketika menjelang persalinan tiba biasanya mulut rahim / serviks biasanya akan mengalami pelebaran dan peregangan sebagai persiapan jalur keluarnya bayi nanti. Yang mana, kondisi inilah yang dikenal dengan istilah bukaan persalinan bayi. Adapun sebelum bagian serviks ini benar – benar terbuka, maka biasanya vagina akan mengeluarkan cairan berupa lendir yang sudah bercampur dengan darah.

4. Terjadinya lightening

Untuk tanda lain yang perlu dikenali ketika ibu hamil sudah mendekati waktu persalinan, yakni biasanya akan terjadi yang namanya lightening. Diketahui, lightening sendiri merupakan kondisi dimana kepala bayi sudah turun dan memasuki rongga panggul ibu, yang dikatakan sebagai tanda siap keluar ke dunia. Bisa dikatakan, bahwa kondisi ini bukanlah tanda – tanda melahirkan yang sifatnya urgent, dikarenakan biasanya baru terjadi beberapa minggu sebelum proses persalinan dimulai.

Jadi, itulah tadi beberapa tanda tanda mau melahirkan yang umum terjadi pada ibu hamil, yang mana perlu Anda ketahui dan pahami agar bisa mempersiapkan persalinan dengan baik. 

Share

Trending Article

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

Inilah Cara Melakukan Gerakan Kayang Adalah

Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Bantu Kembalikan Kepercayaan Diri!

Langkah-Langkah Dan Tips Penting Cara Melakukan Push-Up Yang Benar

Tips Dan Trik Yang Efektif Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Article Category