Health

Strict Parents Artinya Pola Asuh Anak Yang Membuat Anak Tak Bahagia; Benarkah Itu?

By Erwin |

Strict parents artinya adalah salah satu pola asuh yang memiliki dampak kurang baik bagi anak. Banyak orang yang menganggap bahwa pola asuh ini kurang mengikuti zaman. Benarkah itu? Mari kita lihat dan mengenal lebih jauh terkait strict parents ini. 

Mengenal Strict Parents 

Pola asuh mempunyai dampak sangat besar terhadap perkembangan anak. Hal ini berdampak pada kepribadian dan juga perilaku anak tersebut. Sebagai orang tua, hendaklah bijak dalam mendidik anak sejak dini. Salah satu pola asuh yang terkenal adalah strict parents. Apa itu pola asuh strict parents? Pola asuh ini adalah cara asuh pada anak dengan memberikan peraturan yang ketat. Strict parents adalah orang tua yang mempunyai standar tinggi untuk menerapkan pola asuh yang ketat dan otoriter pada anak-anaknya. 

Orang tua dengan pola asuh seperti ini biasanya lebih menuntut tetapi tak bersikap responsive pada anak. Gaya asuh ini biasanya ditandai dengan adanya perilaku yang dingin, kurang suportif, dan menuntut. Strict parents ini biasanya mempunyai aturan yang ketat dan sewenang-wenang terhadap anak. Para orang tua tak memberikan izin pada anak untuk memberikan opini dan pendapat terhadap hal-hal yang dilakukan orang tuanya.

Anak-anak menjadi tidak memiliki kebebasan untuk memilih pilihan sendiri di dalam hidupnya. Hal ini berakibat si anak menjadi tak mampu mengambil keputusan penting. Pola asuh ini akan membuat anak menjadi lebih disiplin. Disiplin ini diakibatkan rasa takut yang luar biasa pada orang tua dikarenakan pola asuh yang sangat ketat. Ketika anak dewasa biasanya mereka akan kesulitan untuk menyampaikan pendapatnya dan negosiasi pada lingkungan sosial. 

Ciri-Ciri Strict Parents 

Strict parents artinya gaya asuh yang biasanya cenderung mengekang anak untuk menerapkan kedisiplinan tinggi. Ini adalah cara orang tua untuk membentuk perilaku anak dengan gayanya sendiri. 

1. Sering Menuntut Tapi Kurang Responsif

Strict parents ini mempunyai peraturan yang harus dipatuhi oleh anak. Aturan itu biasanya sangat menuntut tetapi tak responsive. Hal ini membuat anak tak mempunyai kesempatan untuk menanyakan aturan yang kurang berkenan. 

2. Dingin dan Acuh 

Terkadang strict parents terkesan dingin dan kurang peduli. Ini memang karakter dari pola asuh ini. Mereka jarang memberikan pujian dan motivasi dan lebih sering menghukum anak-anaknya. 

3. Tak Percaya dan Tak Memberikan Kebebasan 

Strict parents ternyata juga tidak mempunyai rasa kepercayaan diri yang amat tinggi pada si anak. Hal ini membuat si anak tak memiliki kebebasan dalam pendapat sehingga orang tua yang memberikan keputusan krusial dalam sesuatu hal. Tentu saja hal ini membuat anak kesulitan dalam bernegosiasi dan mengambil keputusan saat mereka dewasa nanti. 

Strict parents artinya tidak memberikan kebebasan lebih pada anak dan orang tua cenderung mengontrol hal apapun yang dilakukan si anak nantinya. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category