Health

Dijamin Ampuh, 9 Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga

By Erwin |

Diet adalah cara untuk menurunkan berat badan paling ampuh, menjaga kesehatan, hingga membiasakan pola hidup yang sehat. Umumnya diet ini perlu dibarengi dengan olahraga, tetapi ada cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga yang bisa anda lakukan.

Bagi anda yang kurang senang berolahraga atau tak ada waktu luang, simak penjelasannya berikut ini!

Cara Diet yang Sehat Tanpa Olahraga

1. Kunyah makanan perlahan

Cara pertama adalah membiasakan diri mengunyah makanan secara perlahan. Studi menunjukkan seseorang yang mengunyah makanan lebih lama, dapat membantu mereka cepat kenyang.

2. Tambah asupan protein

Diet sehat tak lengkap tanpa menambahkan protein dalam menu harian. Protein justru baik untuk mencegah kenaikan berat badan, dan membuat anda kenyang lebih lama.

3. Perbanyak serat

Serat berperan penting dalam memperlancar metabolisme tubuh anda. Selain protein, anda juga perlu memperbanyak serat yang bisa diperoleh dari kacang-kacangan, atau sayuran.

4. Makan dalam porsi kecil

Menahan godaan untuk makan dalam porsi banyak memang sulit. Namun, anda yang ingin diet tanpa olahraga harus mulai menyajikan makanan dalam porsi kecil.

Gunakanlah piring kecil sebagai alas, pasalnya cara ini ampuh menghindari anda dari rasa ingin makan berlebih.

5. Rutin minum air putih

Sudah banyak yang membuktikan bahwa rutin meminum air putih juga berperan besar dalam penurunan berat badan.

Pastikan anda selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya, dengan minimal 2,5 liter air atau disesuaikan kebutuhan.

6. Kurangi makanan/minuman manis

Tahukah anda bahwa makanan dan minuman manis adalah penyumbang kalori terbesar? Selain cepat menaikkan berat badan, terlalu sering mengonsumsinya pun dapat mengundang berbagai komplikasi penyakit.

Mulai saat ini, anda bisa menggantikan minuman manis favorit menjadi jus buah segar tanpa gula, atau ketat dalam memilih jajanan.

7. Hindari begadang

Kebiasaan tidur larut malam sangat berpengaruh dalam proses penurunan berat badan. Pasalnya, begadang membuat anda justru mudah lapar, dan berujung makan di malam hari.

Biasanya seseorang yang makan di malam hari akan langsung tidur, dan hal inilah yang mempercepat kenaikan berat badan dan gula darah.

8. Kelola rasa stress

Apakah anda sering stress? Mulai saat ini cobalah kelola stress demi mencegah masalah kesehatan lainnya.

Seseorang yang stress tak jarang akan melampiaskannya ke berbagai cara, seperti makan dalam jumlah besar. Anda dapat belajar mengelola stres dengan cara me time, journaling, hingga berkonsultasi.

9. Jangan makan sambil menonton

Zaman sekarang banyak orang gemar makan sambil menonton televisi atau gawainya. Akan tetapi, kebiasaan tersebut justru tidak baik untuk anda yang sedang melakukan diet.

Itu dia kesembilan  cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga. Semoga bermanfaat dan sukses mencapai berat badan impian anda!

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category