Health

9 Tanda-Tanda Menstruasi Pada Wanita dan Cara Menangani Haid yang Tidak Lancar

Setiap wanita setelah masuk masa pubertas pasti akan menstruasi, biasanya akan diikuti dengan perubahan di tubuhnya, Seperti tumbuhnya payudara, hingga muncul bulu di sekitar ketiak dan kemaluan. Sebelum menstruasi berlangsung biasanya akan muncul tanda-tanda menstruasi dan wanita sebaiknya paham tanda-tanda ini, 

Tanda-Tanda Menstruasi Pada Wanita

Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya merasakan beberapa tanda, berikut ini :

1. Kram perut

Tanda tanda menstruasi ini terjadi biasanya di 1 hingga 2 hari menjelang haid datang, Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya saat Kamu haid di hari pertama. Bisa jadi tanda ini akan terjadi di hari pertama menstruasi. 

2. Jerawat bermunculan 

Jika wajah Kamu muncul jerawat, itu tandanya menstruasi sebentar lagi. Hal ini akibat hormon tubuh meningkat membuat kulit wajah mudah berminyak berlebihan. Alhasil inilah penyebab munculnya jerawat di wajah. 

3. Payudara padat dan nyeri ketika disentuh

Payudara bengkak hampir dirasakan setiap wanita yang akan haid, ditambah payudara rasanya berat dan nyeri utamanya di bagian luar. Hal ini terjadi karena hormon prolaktin meningkat. 

4. Kecapekan namun tidak mudah tidur

Rasa capek saat akan haid biasanya muncul, namun saat ingin tidur Kamu akan kesulitan untuk tidur. Hal ini terjadi karena perubahan hormon, stres akibat kondisi fisik yang lelah, emosional naik turun. 

5. Sembelit atau diare

Sebelum menstruasi datang, banyak wanita merasakan diare maupun sembelit. Hal ini terjadi akibat hormon meningkat memicu kontraksi di usus dan akhirnya membuat diare atau sembelit. 

6. Perut terasa kembung

Tiba-tiba perut kembung meski sudah makan dengan teratur, menjadi tanda tanda menstruasi akan datang. Kamu bisa mencoba mengurangi konsumsi garam tinggi, dan gantilah dengan memperbanyak makan buah serta sayur, juga olahraga rutin namun jangan terlalu berat dan jangan terlalu lama. 

7. Rasa Sakit di kepala

Sakit kepala bisa saja terjadi di wanita yang akan menstruasi. Akibat hormon estrogen yang mengganggu otak dan membuat sakit kepala. 

8. Mood swing

Wanita yang akan menstruasi biasanya moodnya mudah turun dan naik atau tidak stabil. 

9. Bertambahnya nafsu makan. 

Sebelum menstruasi biasanya akan muncul nafsu makan yang banyak. Rasanya lapar terus menerus, makanya Kamu bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin. Jadi meski makan banyak namun tetap sehat. Salah satu suplemen dan vitamin yang bisa Kamu konsumsi adalah Natural Farm. 

Tips Melancarkan Menstruasi

Setelah muncul tanda-tanda menstruasi, biasanya menstruasi tidak langsung datang begitu saja. Hampir setiap wanita pasti merasakan haid tidak teratur. Makanya Kamu bisa memakai tips berikut agar memperlancar menstruasi :

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat 

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berpengawet atau cepat saji dan kurang memperhatikan makanan yang sehat bergizi bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Makanya makan sayur, buah dan makanan sehat lainnya secara rutin. 

  • Lakukan relaksasi dengan rutin 

Stres yang dialami bisa membuat hormon estrogen dan progesteron terganggu yang mengakibatkan menstruasi berjalan tidak lancar. 

  • Istirahat cukup 

Istirahat yang cukup juga sangat mempengaruhi hormon, makanya jika Kamu sering begadang dan tidak mempunyai jadwal tidur yang baik. Kamu bisa merasakan gangguan haid. 

  • Mandi pakai air hangat 

Mandi menggunakan air hangat bisa untuk memperlancar siklus peredaran darah, hal ini akan memperlancar siklus menstruasi pada wanita. 

  • Bahagia

Jangan terlalu stres, bahagialah dengan melakukan kegiatan yang Kamu sukai. Pikirkan apa yang membuat Kamu bahagia, jangan terlalu fokus dengan hal-hal yang penting etrus, cari hiburan sedikit supaya kondisi tubuh tidak stres berkepanjangan. 

Itulah tanda-tanda menstruasi yang kebanyakan dialami para wanita dan cara menangani haid yang tidak lancar tanpa ribet. Semoga bermanfaat. 

 

Photo by pikulkeaw_333 / Pixabay