Health

Khasiat Terapi Akupuntur Dan Terapi Alternatif Lainnya

Apa Itu Terapi Akupuntur?

Akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktek pengobatan tradisional Cina, yang dilakukan oleh ahli tusuk jarum dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit. Anehnya, meskipun perawatannya menggunakan jarum, namun pengobatan ini tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan, salah satu manfaat yang paling populer dari akupuntur ialah untuk mengurangi rasa sakit kronis di seluruh tubuh dengan cara yang alami.

 

Apa Saja Manfaat Terapi Akupuntur?

1. Nyeri haid

Penelitian secara ilmiah mengenai manfaat akupuntur untuk membantu meredakan nyeri haid memang masih terbatas. Namun, bagi wanita yang merasa sangat kesakitan saat datang bulan, terapi akupunktur dapat membantu mengurangi nyeri akibat kram menstruasi.

2. Kesuburan

Akupuntur dianggap baik untuk kesuburan, karena dapat membantu meredakan gangguan kecemasan serta stres yang timbul saat menjalani perawatan kesuburan. Lalu, pada titik akupunktur tertentu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesuburan lainnya seperti tiroid yang kurang berfungsi (hipotiroidisme) dan tiroid yang terlalu berfungsi (hipertiroidisme)

3. Efek samping perawatan kanker

Kemoterapi dapat menimbulkan efek samping bagi pasien, seperti mual dan muntah. Akupuntur dipercaya bermanfaat untuk membantu meredakan kedua hal tersebut. Namun, tingkat kebersihan serta tindakan akupuntur untuk pasien kanker harus benar-benar terjaga. Ini karena karena sistem imun pasien kanker yang menjalani kemoterapi, sedang menurun.

4. Cedera lutut

Perawatan akupuntur juga disebut dapat membantu meredakan nyeri kronis lutut akibat peradangan pada sendi (osteoartritis), dalam jangka waktu 8-12 minggu. Ini bisa dibarengi dengan perawatan lainnya seperti metode laser sehingga membantu mempercepat penyembuhan.

5. Sakit kepala

Ada pula manfaat akupuntur untuk sakit kepala, seperti sakit kepala tegang, sakit kepala sebelah, dan juga migrain. Selain mengurangi rasa sakit di area kepala, terapi yang menggunakan jarum ini juga membantu mengurangi frekuensi kemunculan dan tingkat keparahannya.

6. Sakit leher

Sakit leher tidak hanya sering menyerang lansia, tetapi juga orang usia muda akibat posisi duduk yang tidak tepat atau terlalu lama menghadap layar komputer. Dengan melakukan akupuntur, kondisi ini dinilai bisa meredakan sakit yang cukup signifikan. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat akupunktur untuk nyeri leher.

7. Sakit pinggang bagian belakang

Sakit pinggang bagian belakang (low back pain) juga dapat berkurang apabila kamu menjalani perawatan akupuntur secara rutin. Melakukan perawatan biasa untuk kondisi ini memang efektif untuk meredakannya. Akan tetapi, hasil dan manfaatnya akan jadi lebih terasa apabila dikombinasikan dengan akupuntur.

8. Memperbaiki kondisi kulit

Tusukan jarum pada area tubuh tertentu juga bermanfaat untuk kulit wajah kamu. Hal ini karena merangsang sistem limfatik dan peredaran darah sehingga menutrisi sel-sel kulit. Selain itu, akupuntur pada wajah juga berfungsi untuk merangsang produksi kolagen dan meminimalisasi timbulnya kerutan.

9. Mengatasi asam lambung

Salah satu pengobatan yang bisa kamu coba adalah terapi akupuntur untuk asam lambung. Dalam sebuah studi, dijelaskan bahwa selain untuk membantu menurunkan asam lambung, terapi ini juga dapat mencegah naiknya asam lambung. Tidak hanya itu saja, pengobatan akupuntur juga disebut bermanfaat untuk membantu mengatasi beberapa kondisi, di antaranya:

  • Gangguan kecemasan
  • Radang sendi (artritis)
  • Depresi
  • Insomnia
  • Mual
  • Sinus tersumbat
  • Stres
  • Kelebihan berat badan

Cara kerja terapi akupuntur

Bagaimana Cara Kerja Terapi Akupuntur?

Menurut terapis akupuntur, kesehatan manusia adalah hasil dari keseimbangan harmonis antara "yin" dan "yang" dari kekuatan hidup yang dikenal sebagai "chi." Nah, ketika kita sedang sakit dapat dikatakan bahwa “yin” dan “yang” di dalam tubuh kita sedang tidak seimbang. Chi mengalir melalui sebuah jalur yang ada dalam tubuh manusia. Nah, jalur aliran energi ini dapat diakses melalui 350 titik akupunktur dalam tubuh. Menusukkan jarum ke titik-titik ini dengan kombinasi yang tepat bisa membawa aliran energi kembali ke keseimbangan.

Menurut ilmiah, jalur aliran energi atau titik akupuntur ini tidak bisa dibuktikan. Maka dari itu, terapi ini masih sering diperdebatkan oleh berbagai ahli medis. Meski begitu, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa akupuntur efektif untuk mengobati sejumlah kondisi. Berikut manfaat akupuntur yang perlu diketahui.

 

Apakah Ada Terapi Alternatif Yang Mirip Dengan Akupuntur?

Terapi menggunakan minyak herbal dari Kutus-Kutus Healing Oil 100 ml dapat digunakan sebagai pelengkap pengobatan medis untuk memperbaiki jalur energi tubuh sehingga penyembuhan lebih cepat, Cara kerja minyak kutus-kutus hampir mirip dengan akupuntur yaitu untuk mengaktifkan energi tubuh atau chi-prana yang berfungsi untuk:

  • Asam Urat, rematik, kesemutan, nyeri sendi, saraf kejepit, leher tegang
  • Pegang linu, keseleo, salah tidur, sakit pinggang, nyeri otot, otot bengkak, otot kejang, nyeri arthritis, kram olahraga, bengkak, lebam karena benturan
  • Gangguan pencernaan, sembelit, wasir/ambeien, maag, perut kembung, panas dalam
  • Batuk, mengatasi gejala flu, meriang, masuk angin, badan panas, gejala tipes, demam berdarah,
  • Vertigo, sakit kepala, pusing kepala, migrain, pening, mabuk perjalanan, kepala tegang
  • Menjaga stamina, kesuburan, nyeri haid, haid tidak teratur, kista, myom, anyang-anyangan
  • Sakit gigi, sariawan, gusi bengkak
  • Semua jenis alergi (makanan, debu, aroma, lingkungan, dingin, dsb)
  • Semua jenis luka (luka bakar, knalpot, berdarah, borok, tersiram air panas/minyak, luka diabetes, apid)
  • Menghilangkan segala jenis gatal, digigit nyamuk, binatang, akibat jamuran, anti nyamuk, anti kutu
  • Menghancurkan lemak/selulit
  • Membantu menyembuhkan penyakit degeneratif (diabetes, infeksi, kanker, liver, jantung, stroke, parkinson, penyembuhan pasca operasi)
  • Menjaga kesehatan organ dalam (ginjal, jantung, paru-paru, hari, limpa)

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3621354/berbagai-penyakit-yang-bisa-disembuhkan-dengan-akupuntur

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/akupuntu