Health

Ternyata Inilah Yang Jadi Sebab Nyeri Di Ulu Hati

By Erwin |

Secara umum ketika seseorang mengalami nyeri ulu hati maka ia akan merasakan rasa nyeri pada bagian atas perut dengan bersamaan rasa mual. Seringkali rasa mual tersebut dibarengi dengan perut kembung sehingga ada kemungkinan terjadi sebuah masalah pada bagian tubuh tertentu. Meskipun terlihat sepele, namun pengobatan atas sakit ini sangat perlu untuk dilakukan.

Ulu hati sendiri memiliki letak di bawah tulang dada atau pada posisi di atas pusar, biasanya jika terjadi rasa nyeri pada bagian ini akan berlanjut kepada bagian tubuh yang lain. Awalnya sakit pada bagian ini disebabkan oleh sebuah keadaan sakit yang sifatnya cukup ringan. Namun ketika tidak diobati dengan segera maka akan semakin parah.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas penyebab terjadinya sakit pada bagian ulu hati ini, jika anda mengalaminya maka segeralah obati sesuai dengan obat anjuran dokter. Jika masih tetap tidak membaik maka segera rujuklah ke rumah sakit ataupun klinik terdekat yang ada di sekitar daerah anda sendiri.

Penyebab Nyeri Ulu Hati

1. Iritasi Usus

Ketika usus besar mengalami sebuah iritasi maka hal tersebut juga akan menimbulkan perut kembung, kram, dan lain semacamnya. Iritasi ini umumnya disebabkan oleh otot dinding yang gerakannya lebih kuat dan lama ketika mau mentransfer makanan pada saluran pencernaan. Hal ini kemudian akan merembet pada nyeri ulu hati sehingga anda akan merasakan sakit yang demikian.

2. Tukak Lambung

Tukak pada lambung merupakan sebuah luka yang sifatnya terbuka di lapisan dinding lambung. Luka tersebut disebabkan oleh adanya zat asam yang berlebihan sehingga menyebabkan rusaknya dinding lambung. Jika terjadi hal yang seperti ini segeralah obati supaya tidak terjadi hal yang lebih parah di kemudian hari.

3. Sakit Pada Kantong Empedu

Kantong empedu sendiri adalah kantong yang ada di sebelah bawah organ hati, fungsi dari kantong ini adalah untuk memberikan simpanan pada cairan yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam melakukan proses pencernaan pada lemak. Jika terjadi masalah terhadap kantong ini maka anda akan merasakan sakit yang luar biasa pada ulu hati.

4. Preeklamsia

Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi pada masa - masa kehamilan ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi. Hal ini tentu akan merusak organ - organ yang ada pada tubuh terutama bagian hati dan ginjal. Biasanya jika sudah pada tahapan parah akan disertai dengan muntah dan sakit perut.

Itulah beragam macam penyebab nyeri ulu hati, jika anda mengalami hal yang demikian maka segeralah periksa ke dokter dan tanyakan apa yang menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati anda tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category