Health

Tips Memilih Menu Berbuka Puasa Ala Kampung yang Sehat

By Erwin |

Selama Ramadhan 2023 ini, apakah kamu jadi memperhatikan menu berbuka untuk keluarga dan diri sendiri? Sudah sewajarnya hal itu diperhatikan. Pasalnya, pemilihan menu buka puasa menjadi penting dengan harapan dapat mengembalikan energi yang telah terkuras selama berpuasa. Nah, berikut ini tips untuk memilih menu berbuka puasa ala kampung yang sehat dan menambah energi.

Tips Memilih Menu Buka Puasa Sehat

Godaan untuk memilih makanan sembarangan memang sulit ditahan, apalagi setelah menahan lapar selama kurang lebih 14 jam. Itu bila sempat untuk sahur. Lepas dari itu, perlu adanya kesadaran menjaga pola makan yang sehat supaya dapat mengontrol diri. Oleh karena itu, simak informasi berikut ini tentang tips berbuka puasa yang sehat:

1. Batasi Konsumsi Makanan Berminyak

Tiap harinya, batasi memakan gorengan, makanan berlemak, dan makanan berminyak lainnya. Pasalnya, terlalu banyak makan makanan seperti itu, malah menjadikanmu cepat lelah dan lesu ketika berpuasa keesokan harinya.

2. Konsumsi Air Putih

Hal yang paling utama diperhatikan ketika berbuka adalah mengonsumsi air putih terlebih dahulu. Pasalnya, selama berpuasa, tubuh jadi banyak mengonsumsi cairan, sehingga berpotensi terjadinya dehidrasi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu.

Hindari mengonsumsi es karena berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan. Hindari juga mengonsumsi kopi ketika berbuka karena makin membuat tubuh kehilangan mineral dan cairan.

3. Makan Secukupnya

Makan terlalu banyak ketika berbuka berisiko membuatmu mual, kelelahan, dan kembung. Kemudian, bisa memicu sakit perut. Memang ketika sehabis berpuasa, muncul dorongan untuk makan banyak, tetapi sebisa mungkin hindari hal itu. Risiko lain juga mengintai, seperti obesitas. Sebagai tips berbuka puasa yang aman bagi lambung, pertama-tama adalah makan secukupnya.

4. Pastikan Nutrisi Makanan Seimbang

Selanjutnya, perhatikan kebutuhan nutrisi harian tubuh. Pasalnya, selama berpuasa, tubuh telah kehilangan banyak nutrisi dan butuh diisi ulang ketika berbuka. Hal itu perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sejumlah makanan yang baik untuk berbuka, antara lain makanan yang mengandung protein dan serat yang cukup.

Menu Berbuka Puasa Ala Kampung yang Sehat

Berikut beberapa jenis makanan buka puasa yang sehat ala kampung yang bisa kamu coba:

1. Mengandung Protein

Kamu bisa memilih makanan yang mengandung protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu, seperti telur, daging ayam, dan ikan berlemak.

2. Mengandung Serat Tinggi

Selain protein, serat yang tinggi juga diperlukan bagi nutrisi harian tubuh. Kamu bisa memilih masakan yang mengandung wortel atau ubi, tambahkan nasi merah juga.

Di samping itu, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai pelengkap, seperti alpukat, kurma, pisang. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale, kangkung, dan bayam. Demikian informasi tips memilih menu berbuka puasa ala kampung yang sehat selama Ramadhan.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category