Health

Wajib Ada! Simak Cara Membuat Barcode PeduliLindungi

Salah satu cara agar masyarakat mau divaksin adalah dengan menerapkan wajib mempunyai dan menunjukkan surat vaksinasi apabila ingin bepergian ke suatu tempat hingga syarat untuk melamar pekerjaan.

Setiap tempat umum seperti pusat perbelanjaan, mal, hotel, perkantoran wajib menerapkan aturan scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk pengunjung. Begini cara membuat barcode PeduliLindungi.

Aturan Baru Di Tempat Umum

Sebelumnya bila ingin memasuki tempat umum diwajibkan cek suhu dan mencuci tangan saja, namun semenjak mulai diberlakukan program vaksinasi pemerintah juga memberlakukan aturan baru yang wajib dipatuhi.

Para pengelola fasilitas umum seperti mal, kawasan wisata, dan sebagainya harus mempunyai scan barcode untuk para pengunjung yang akan memasuki kawasan tersebut. Hal ini punya tujuan untuk melacak kondisi kesehatan dan jumlah pengunjung yang masuk.

Sebelum masuk, tiap orang harus melakukan scanning barcode di pintu masuk melalui website atau aplikasi resmi Peduli Lindungi. 

Masih belum punya dan tahu bagaimana mendapatkan barcodenya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Barcode Peduli Lindungi

  1. Penanggung jawab mengajukan surat pemohonan ke e-mail “pusdatin@kemkes.go.id”.
  2. Tunggu hingga admin membalas dengan memberikan formulir.
  3. Mengisi formulir secara lengkap dan mengirimkan kembali.
  4. Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan username dan password untuk aktivasi.
  5. Selesai diaktivasi, pendaftaran dinyatakan telah berhasil dan harus melakukan konfirmasi pada e-mail.

Nanti Anda harus mengisi informasi lebih detailnya untuk mendapatkan kode QR-nya. Bagi yang masih bingung untuk isi suratnya, bisa dilihat lewat Instagram resmi milik Kemkominfo.

Cara membuat barcode PeduliLindungi di atas ini dijelaskan oleh pihak Kemkominfo.

Manfaat Scan Barcode

Scan barcode ini punya manfaat bagi pengelola agar mudah melacak kondisi kesehatan para pengunjung yang akan masuk. Tentu hal ini sangat memudahkan untuk mengawasi aktivitas masyarakat.

Arti Warna yang Muncul Setelah Scan

  1. Hitam: mempunyai arti bahwa pengunjung terkonfirmasi positif Covid atau ada riwayat kontak dengan penderita. Bagi yang statusnya hitam maka dilarang masuk.
  2. Merah: artinya pengunjung tersebut belum mendapatkan vaksin atau dalam kondisi terpapar penderita Covid-19. Untuk yang berstatus merah juga dilarang memasuki kawasan umum.
  3. Oranye/kuning: bertanda bahwa pengguna sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan diperbolehkan masuk namun tetap wajib verifikasi lebih lanjut dan protokol kesehatan ketat.
  4. Hijau: pengguna sudah mendapatkan dosis vaksin lengkap sehingga dianggap aman dan boleh memasuki fasilitas umum.

Segera dapatkan dosis vaksin agar mempermudah Anda dalam mobilitas sehari-harinya. Vaksin juga berguna agar mempercepat hilangnya pandemi ini dan untuk kebaikan semua orang.

Vaksin yang tersedia sudah melewati berbagai proses pengujian oleh para ahlinya sehingga dijamin aman dan apabila Anda mempunyai komorbid wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sekian penjelasan cara membuat barcode PeduliLindungi yang harus diterapkan oleh para pengelola fasilitas umum.