Health

5 Langkah Kemanan yang Harus Diperhatikan Untuk Melindungi Privasi PeduliLindungi Milik Anda

tracing terhadap kasus covid-19. Ingin tahu cara melindungi privasi PeduliLindungi yang belakangan ramai diperbincangkan karena diduga telah mengalami kebocoran? Berikut merupakan langkah untuk melindungi data pribadi anda di aplikasi PeduliLindungi. 

Pembaharuan Kata Sandi

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk melindungi data pribadi di aplikasi PeduliLindungi adalah dengan cara melakukan pembaharuan kata sandi PeduliLindungi id secara berkala. 

Melakukan pembaruan pasword secara berkala akan membuat orang lain kesulitan mengakses akun PeduliLindungi milik anda. Selalu ingat-ingat password terbaru anda. Kalau perlu catat dalam agenda, jangan sampai diketahui oleh orang lain. 

Aktifkan Layanan Keamanan

Perlu anda ketahui bahwa PeduliLindungi juga menyediakan fitur otentifikasi multi-faktor. Melalui layanan ini, pengguna suatu aplikasi termasuk PeduliLindungi hanya akan diizinkan masuk setelah terbukti memberikan dua bukti atau lebih.

Bukti tersebut aan diverivikasi oleh sistem melalui mekanisme verivikasi yang disediakan. Multi factor authentication merupakan cara yang digunakan oleh suatu pengembang aplikasi untuk melindungi privasi para penggunanya.

Dengan melakukan otentifikasi, sistem akan membaca secara otomatis, apakah orang yang mengakses akun dalam aplikasi tersebut sesuai dan memiliki hak untuk masuk ataukah tidak. 

Memastikan Keamanan Perangkat

Mungkin di antara anda ada yang belum paham fungsi peringatan pembaharuan aplikasi yang sering muncul di ponsel pintar milik anda. Pembaruan atau yang umum diketahui upgrade adalah hal penting yang harus anda perhatikan demi kemanan data anda di sebuah aplikasi, termasuk peduli lindungi. 

Jangan hanya download PeduliLindungi kemudian dibiarkan begitu saja. Selalu lakukan upgrade terhadap aplikasi yang ada di smartphone anda. Pastikan aplikasi yang terpasang adalah aplikasi versi terbaru yang disediakan oleh pengembang. 

Hati-Hati Mengakses Konten

Hal yang satu ini adalah hal yang masih sering diabaikan oleh pengguna suatu aplikasi. Entah karena mereka tidak tahu bahayanya atau memang acuh. Perlu anda pahami bahwa mengakses konten secara sembarangan bukan lah yang baik dilakukan. 

Jika terdapat akses link yang dikirimkan kepada anda, terutama yang mengatasnamakan PeduliLindungi jangan langsung diklik. Baca dengan seksama jika perlu lakukan pemeriksaan.

Perhatikan Perizinan Akses 

Pastikan akun PeduliLindungi milik anda hanya terakses pada perangkat yang anda miliki. Jangan sampai terpasang di perangkat lain yang bukan milik anda. Sebab, hal tersebut sangat membahayakan privasi PeduliLindungi milik anda. 

Gunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja, seperti halnya daftar vaksin pedulilinsungi. Jangan bagikan informasi terkait privasi kepada orang lain, terlebih kepada orang yang tidak anda kenal. 

Sekian langkah singkat melindungi privasi PeduliLindungi. Seelalu berhati-hati dan jaga keamanan akun pribadi anda. Pedulilindugi adalah suatu aplikasi digital yang digunakan oleh pemeintah Indonesia untuk melakukan tracing terhadap kasus covid-19.