Health

Wajib Tahu, Ini DIa 6 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan!

By Admin |

Sejak zaman dahulu, lengkuas dikenal sebagai salah satu jenis tanaman obat guna menangkal berbagai macam penyakit. Kandungannya yang berisi senyawa penting seperti asam felonik, flavonoid, galangol, kristal kuning polifenol,  galangin dan masih banyak lagi, membuat banyak orang menggunakan lengkuas. Nah, berikut akan kami bagikan berbagai manfaat lengkuas untuk kesehatan antara lain:

1. Meredakan Insomnia

Anda mengalami gangguan sulit tidur seperti insomnia? Jika anda menginginkan cara mengobati insomnia secara alami, maka lengkuas solusinya. Caranya cukup mudah yaitu dengan meminum segelas teh lengkuas dicampur dengan madu, maka kualitas tidur anda akan membaik seiring berjalannya waktu. 

Lengkuas mengandung piridoksin atau vitamin B6 sehingga bermanfaat untuk memantau fungsi otak dan memungkinkan konduksi impuls pada saraf yang terhalang. Meskipun demikian, anda juga wajib mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. 

2. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan lengkuas mampu menurunkan risiko tumor dan kaker. Rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini dipercaya memiliki efek anti kanker pada beberapa jenis kanker seperti leukemia, hepatoma, kanker payudara, saluran empedu dan melanoma. 

3. Mengurangi Peradangan Kulit

Manfaat lengkuas selanjutnya yaitu mampu mengurangi peradangan pada kulit akibat alergi seperti kemerahan atau pembengkakan. Lengkuas sendiri mengandung asam amino esensial yang dapat membantu membangun sel – sel kulit yang sehat dan baik. 

Tak hanya itu, lengkuas juga mengandung flavonoid yang tinggi sehingga memberikan sifat antioksidan guna membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, bekas luka, bintik hitam, iritasi kulit bahkan mengurangi jerawat.

4. Meringankan Gejala Asma

Anda sedang mengalami gejala asma ringan. Yuk bantu penyembuhan dengan menjadikan lengkuas sebagai obatnya. Lengkuas memiliki efek antispasmodic sehingga mampu melebarkan saluran bronkus yang terdapat pada paru – paru. Tak hanya itu, lengkuas juga mampu mengurangi dahak sehingga mampu melegakan ketika asma menyerang. 

5. Meredakan Sakit Tenggorokan, Batuk dan Serak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa lengkuas mampu mengurangi dahak, maka juga akan melegakan sakit pada tenggorokan, batuk bahkan serak – serak yang membuat tenggorokan kurang nyaman. Carannya cukup mudah, campurkan beberapa sendok kecil lengkuas bubuk dengan air panas lalu minum larutan tersebut secara rutin sampai kondisi membaik. 

6. Meredakan Diare

Lengkuas merupakan rempah dengan kandungan zat yang bersifat anti mikroba. Ekstra lengkuas dengan konsentrasi tinggi bisa mencegah pertumbuhan bakteri Escherichia coli penyebab utama diare. Anda bisa menjadikan bubuk lengkuas sebagai bahan minuman. 

Demikianlah beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan. Perlu diketahui bahwa cara paling aman menggunakan rempah ini yaitu menambahkan sebagai bumbu makanan atau sebagai bahan larutan minuman. Ingat, jangan konsumsi berlebihan ya, karena bisa menyebabkan mual. Konsumsilah sewajarnya sehingga anda bisa mendapatkan manfaat yang terbaik tanpa adanya efek samping. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category