Health

Walaupun Tampak Mirip, Ini Perbedaan Flu dan Covid 19

Walaupun sama sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia, namun virus yang menyerang tersebut, berasal dari golongan yang berbeda, dan mempunyai karakter yang juga berbeda. Lalu apa saja perbedaan flu dan covid 19 tersebut !

1. Jenis virus

Adapun perbedaan flu dan covid 19 yang pertama adalah dari jenis virus yang menyerang. Jika virus penyebab flu, berasal dari golongan rhinovirus. Dimana virus tersebut, akan menyebar dari manusia ke manusia. Namun paling sering menyerang anak anak atau juga remaja. Selain itu virus tersebut, dapat terjadi sepanjang tahun, namun paling sering terjadi pada musim hujan. Sedangkan untuk virus Covid 19, disebabkan oleh jenis virus dari golongan Coronavirus. Virus yang satu ini dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa, hingga bayi sekalipun,

2. Keluhan yang muncul

Untuk masalah keluhan, orang orang yang menderita flu, biasanya merasakan sakit pada bagian hidung dan juga tenggorokan, atau lebih tepatnya pada saluran pernafasan atas. Sama halnya dengan virus flu, coronavirus juga akan menginfeksi saluran pernafasan. Kondisi ini juga yang menyebabkan seseorang penderita Covid19, pastinya mengalami gejala yang mirip dengan flu biasa. Namun demikian, seseorang yang mengalami Covid biasanya, mengeluhkan sakit pada bagian saluran pernafasan bawah.  

3. Gejalanya  

Gejala ketika seseorang mengidap flu, biasanya mengalami bersin bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan juga berair,sakit kepala ringan, batuk, dan ada kalanya mengalami demam. Untuk gejala yang muncul pada seorang yang mengidap virus Covid 19, biasanya lebih disebabkan oleh reaksi tubuh, untuk melawan virus tersebut. Terdapat 3 gejala utama yang perlu diperhatikan, yaitu munculnya demam tinggi, batuk, dan juga terasa sesak nafas. Ada kalanya pasien juga mengalami gangguan indera penciuman, pengecapan sakit kepala, nyeri otot, pilek, sakit tenggorokan, diare, muntah dan juga mual. Namun demikian, gejala tersebut, tidak selalu sama pada masing masing pasien.  

4. Masa inkubasi

Gejala gejala tersebut, biasanya muncul setelah 1 hingga 3 hari, setelah orang tersebut terpapar virus flu, berasal dari orang lain, yang sedang sakit flu. Sedangkan untuk virus Corona sendiri, maka inkubasinya sekitar 10 hingga 14 hari.  

5. Kondisi terparah

Untuk virus flu, sampai saat ini belum ada kasus kondisi terparah. Namun pada infeksi Coronavirus, kasus yang parah bisa saja terjadi. Hal tersebut lebih disebabkan karena adanya komplikasi yang serius, mulai dari sindrom pernafasan akut, edema paru, infeksi paru yang berat / pneumonia, dan juga kegagalan beberpa fungsi organ di dalam tubuh, mulai dari ginjal dan yang lainya. Adapun gejala infeksi virus Corona yang berat tersebut, lebih sering menyerang para lansia dan juga orang yang memiliki kondisi medis tertentu.  

Dari penjelasan di atas, tentunya perbedaan flu dan covid terlihat jelas. Tapi jika Anda mengalami flu yang agak berat, dan tidak sembuh dalam kurun waktu 3 hari, ada baiknya jika Anda langsung mengunjungi dokter terdekat.