Health

Waspadai, Ini Macam Olahan Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

Beberapa jenis lemak dibutuhkan keberadaannya di dalam tubuh. Akan tetapi, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik demikian pula dengan kadar lemak dalam tubuh. Jika kadar lemak khususnya yang bersifat tidak larut di dalam darah kadarnya terlalu tinggi, maka gangguan kesehatan akan terancam. Adapun kolesterol tinggi berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Waspadai ternyata ada beberapa macam olahan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Berikut beberapa diantaranya:

Olahan Sayuran yang Digoreng

Sekarang ini tengah tren membuat aneka sayuran dalam bentuk krispi, mulai dari brokoli goreng tepung krispi, buncis crispy telur asin, kripik bayam, dan lain sebagainya. Inovasi menu ini memang unik dan enak tapi ternyata menjadi menu pantangan penderita kolesterol tinggi yang harus dihindari.

Sayuran sehat yang digoreng terlebih dengan tambahan tepung memiliki jumlah lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Adapun mengolah sayuran dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang dinilai lebih menyehatkan bagi penderita kolesterol.

Olahan Sayuran yang Terlalu Manis

Menambahkan gula dan garam ke dalam sayuran yang dimasak memang dapat menambah cita rasa. Namun, olahan sayuran yang cenderung penuh gula dapat menyebabkan tingginya kadar lipid (lemak tidak sehat) di dalam darah dan tingginya kadar tirgliserida yang berisiko memicu jantung koroner. 

Olahan sayuran dengan cita rasa terlalu manis seperti gudeg misalnya sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan terutama saat kolesterol tinggi. Apalagi mengingat olahan sayur khas daerah kota pelajar ini umumnya dimasak dengan santan kental yang kurang sehat bagi penderita kolesterol.

Olahan Sayuran dengan Tambahan Susu Penuh Lemak

Bagi Kamu penderita kolesterol juga harus menghindari olahan sayuran dengan tambahan susu penuh lemak. Hal ini karena susu atau produk dari olahan susu seperti keju, mentega, dan yogurt memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.

Olahan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dengan tambahan keju atau susu biasanya merupakan menu-menu western atau menu Indonesia seperti lodeh kuah susu. Adapun jika Kamu ingin mengolah sayuran dengan susu pastikan memilih susu skim non lemak. Untuk mengganti mentega bisa memilih opsi minyak alpukat atau minyak zaitun extra virgin.

Untuk Kamu yang menderita kolesterol sebaiknya jauhi sayuran pantangan penderita kolesterol di atas dan lebih baik rutin mengkonsumsi Kyolic Omega 3. Minyak ikan ini memiliki kadar EPA/ DHA tinggi, distandardisasi SAC yang berkhasiat, dan diproduksi mengikuti standar Pharmaceutical Grade. Pengonsumsian rutin minyak ikan ini membantu sirkulasi darah lebih lancar, menjaga kelenturan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan meredakan nyeri sendi.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Mengetahui betapa bahayanya penyakit kolesterol tinggi, maka bersikap waspada mulai dengan mengatur menu makan sehat dan tepat adalah langkah bijak. Ingat jangan menunggu sakit, karena kesehatan harus Kamu jaga dan upayakan.