Health

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

By Erwin |

Mengetahui jumlah kalori yang dikandung nasi putih sangat penting untuk beberapa orang terutama yang sedang atau saat melakukan diet. Menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh merupakan salah satu langkah yang diperlukan jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga harus dipahami agar bisa menyeimbangkan keluaran energi saat beraktivitas. Kalori adalah ukuran energi yang biasa digunakan untuk menentukan kandungan energi makanan dan minuman. Keluar dan masuknya kalori ke tubuh menjadi penting ketika kita hendak menjaga asupan, dan berat badan tubuh. Masuknya kalori bisa dihitung dari jumlah kalori dalam makanan yang kita konsumsi.

Hampir semua makanan dan minuman mengandung kalori, kecuali air putih yang mengandung 0 kalori. Jadi, 100 gram nasi berapa kalori? Berikut penjelasannya!

Kalori dalam 100 gram Nasi

Kalori nasi putih bisa dihitung dari beratnya. Misalnya, 100 gram nasi putih mengandung sekitar 129 kalori. Kandungan kalori dalam nasi putih tentunya berbeda dengan jenis nasi yang lain. Dalam jenis nasi yang lain misalnya nasi merah, kalori yang terkandung lebih sedikit. Nasi merah memiliki kandungan kalori sebesar 110 kalori per 100 gram.

Itulah mengapa nasi merah lebih disarankan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Nasi merah juga lebih cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita diabet atau yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Namun, apakah kebiasaan makan nasi putih setiap hari di Indonesia berdampak buruk bagi kesehatan? Jawabannya tergantung pada seberapa banyak nasi putih yang dikonsumsi. Seratus gram nasi putih memberikan beragam nutrisi, antara lain:

Energi

110 kkal / 460 kj

Lemak

0,89 g

Lemak Jenuh

0,179 g

Lemak tak Jenuh Tunggal

0,325 g

Lemak tak Jenuh Ganda

0,321 g

Protein

2,56 g

Gula

0,35 g

Karbohidrat

22,78 g

Kalium

43 mg

Serat

1,8 g

Sodium

301 mg

Kebutuhan Asupan Kalori pada Manusia

Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan kalori dapat bervariasi berdasarkan berat badan, usia, dan aktivitas fisik sehari-hari. Berikut daftar kebutuhan kalori berdasarkan kategori usia:

Usia

Kebutuhan Kalori

Bayi 0-6 bulan

115-350 kalori

Bayi 6-12 bulan

250-750 kalori

Anak usia 1-3 tahun

325-975 kalori

Anak usia 4-6 tahun

450-1350 kalori

Anak usia 7-10 tahun

600-1800 kalori

Remaja

900-2700 kalori

Orang dewasa

1100-3300 kalori

Mengatur Asupan Kalori

Untuk menjaga berat badan ideal, atur asupan kalori dengan mengonsumsi 150 gram nasi putih. Pilihlah lauk pauk yang sehat seperti daging, sayuran, dan buah-buahan. Proses dan masak makanan dengan baik, hindari metode memasak dengan menggoreng dan menggunakan metode seperti merebus, memanggang, atau mengukus.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category